Wali Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H Ibnu Sina terpilih menjadi Wakil Ketua Aliansi Kabupaten-Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) untuk periode 2022--2026.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika, Kamis, Wali Kota Banjarmasin terpilih mendampingi Bupati Tangerang H Ahmed Zaki Iskandar pada Musyawarah Nasional AKKOPSI di Kabupaten Tangerang, Rabu.

Kegiatan bertajuk City Sanitation Summit (CSS) XX diikuti kepesertaan sebanyak 460 kabupaten/kota di Indonesia.

Selain memilih pengurus AKKOPSI periode 2022--2027, juga menetapkan tuan rumah untuk kegiatan CSS XXI tahun 2023, yakni, terpilih di Kabupaten Bandung.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina memastikan siap dalam menjalankan tugas organisasi dengan Ketua AKKOPSI terpilih.

Dia berharap, kepengurusan baru ini, kegiatan serta misi organisasi AKKOPSI bisa terus berkelanjutan dan berkesinambungan, sehingga perhatian kepada sanitasi semakin baik.

Menurut Ibnu Sina, kegiatan CSS XX ini selain berjalan lancar juga best praktisnya dalam bentuk Sanitasi Pondok Pesantren (Sanitren) dan juga sanitasi sekolah.

"Ini menjadi model pembelajaran bagi seluruh anggota AKKOPSI se-Indonesia," ujarnya.

Pemkot Banjarmasin diantaranya mencanangkan program berbasis masyarakat untuk sanitasi, yakni, menghilangkan jamban-jamban atau toilet langsung ke sungai.

Pemkot pun membangunkan toilet umum di wilayah pemukiman pinggiran sungai dengan sistem pembuangan limbahnya dalam bentuk biofilter.

"Ini merupakan bagian kita untuk memperbaiki sanitasi dan kualitas kebersihan di lingkungan permukiman yang padat penduduknya," ujar Ibnu Sina.

Pewarta: Sukarli

Editor : Nurul Aulia Badar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022