Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) penguatan kapasitas Kepala Desa (Kades) se Kabupaten HSS, di Ballroom Ulin, Novotel, Banjarbaru.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HSS, Susilo Adianto, mengatakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak telah dilaksanakan pada 2 Juni 2022 di 129 desa se-Kabupaten HSS dan dilanjutkan pelantikan tanggal 28 Juli 2022.

"Sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri bahwa kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa serentak yang telah dilantik dan diambil sumpah wajib mengikuti pembekalan pemahaman tugas pokok dan fungsi sebagai kepala desa," katanya, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Wabup HSS minta perkuat sinergi dan komunikasi antarKades

Dijelaskan dia, bimtek tersebut dilaksanakan selama empat hari tiga malam, yaitu dimulai sejak tanggal 18 Agustus sampai dengan tanggal 21 Agustus 2022.

BImtek dilaksanakan dengan tujuan menambah kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan kepemimpinan kepala desa dalam melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangan.

Supaya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga mampu mewujudkan tata kelola pemerintahan desa, yang transparan, partisipatif dan akuntabel.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengatakan bahwa pembekalan bagi seluruh kepala desa, merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dilaksanakan.

"Baik itu yang baru menjabat, ataupun yang sudah dua dan tiga periode tetap harus mengikuti pembekalan ini, karena kita menginginkan terbentuknya peran kepala desa yang amanah dan berkompeten," katanya di hadapan 144 kepala desa.

Ia juga berpesan kepada seluruh kepala desa agar tidak mengecewakan masyarakat yang telah memilihnya sebagai pemimpin dalam pilkades lalu.

Baca juga: Sekda HSS buka bimtek aplikasi Siswakeudes

Dengan dipilihnya pemimpin, tentu banyak kepercayaan serta harapan masyarakat yang dititipkan kepada kepala desa untuk diwujudkan.

"Maka saya berpesan kepada seluruh kepala desa terpilih agar mampu bekerja secara terukur, sehingga mampu melaksanakan roda pemerintahan dengan kebijakan yang benar-benar membawa kesejahteraan bagi desa dan masyarakatnya," katanya.

Turut hadir, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy M. Harahap, bertindak sebagai narasumber bimtek tersebut.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022