Momen perayaan satu tahun kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakilnya H Ariffin Noor diwarnai dengan peluncuran aplikasi Banjarmasin Pintar.

"Ini merupakan aplikasi dari program Smart City Banjarmasin," ujar Ibnu Sina saat merayakan kepemimpinan satu tahun periode kedua di Banjarmasin, Kamis.

Ibnu Sina dilantik pada 23 Juni 2021 untuk periode ke-2 hingga 2024 dengan Wakilnya H Ariffin Noor.

Menurutnya, aplikasi Banjarmasin Pintar merupakan perbaikan atau branding baru dari program Smart City Kota Banjarmasin yang sudah berjalan sejak 2017.

Dengan aplikasi baru ini, lanjut dia, semuanya layanan bisa diakses dalam genggaman atau fasilitas handphone.

Di aplikasi Banjarmasin Pintar ini bisa diakses berbagai keperluan, seperti layanan kesehatan terkait kebutuhan rumah sakit, puskesmas, kemudian layanan kebersihan seperti pelayanan pembuangan sampah, hingga pelayanan smart city lainnya.  

"Semuanya hanya di satu itu. Nanti pengembangan kedepannya akan menjadi pusat informasi bagi perkembangan kota, baik event pariwisata, perkembangan kota, rencana ke depan, semua informasi ada di satu aplikasi Banjarmasin pintar," jelasnya.

Ibnu Sina menyampaikan, aplikasi Banjarmasin Pintar yang baru diluncurkan ini selanjutnya disosialisasi secara terus menerus ke masyarakat.

"Sosialisasi digencarkan baik melalui media massa hingga media sosial," tuturnya.

Namun bagi semua aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan pemerintah kota ini diwajibkan mendownload aplikasi Banjarmasin Pintar ini. "Soalnya absensi ASN juga di sini," tuturnya.

Bahkan rencananya lagi, tutur Ibnu Sina, aplikasi pembayaran dalam perkembangannya ke depan akan mengarah dengan aplikasi ini, akan dibangun infrastruktur teknologinya.

Beberapa aplikasi lainnya, yakni Baapik (Banjarmasin Aplikasi Pasien Internal Kesehatan), E-Damkar (Layanan Pelaporan Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran), eCSR (Sistem Informasi Management CSR).

Kemudian, ATCS (pantauan lalu lintas), CCTV (untuk memantau area publik), posko bencana (Informasi pusat komando penanganan bencana), BPSC (Reservasi ruang rapat Banjarmasin Plaza Smart City).

Adapula, Tracking COVID-19, JDIH Sekretariat DPRD (Produk hukum kota), Bapok (Informasi harga pangan).

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022