Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru memberikan layanan bagi pasien penderita thalasemia dengan membuka layanan hematologi onkologi anak yang resmi diluncurkan pada Hari Thalasemia Sedunia.

Peluncuran layanan unggulan rumah sakit itu dilakukan Sekretaris Daerah Said Abdullah didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru dr Danny Indrawardhana di Aula Besar rumah sakit tersebut, Rabu.

Kegiatan, yang diikuti orangtua dan anak-anak penderita thalasemia itu, juga dihadiri Komandan Yonif 623/BWU Mayor Infanteri Dimas Yamma Putra, Direktur Poltekes Banjarmasin Mahpolah dan pejabat rumah sakit. 

"Peringatan Hari Thalasemia Sedunia ini menjadi momentum kepedulian terhadap pasien thalasemia dan kita berkomitmen bekerja sama mengatasi permasalahan, terutama kurangnya stok darah bagi mereka," ujar Said.

Menurut dia, kebutuhan darah yang jumlahnya mencapai 120-160 kantong per bulan tidak bisa diatasi sendiri oleh RSD Idaman Banjarbaru, sehingga memerlukan kerja sama seluruh pihak yang siap berkomitmen membantu. 

Disebutkan, seluruh komponen di Kota Banjarbaru mulai dari instansi vertikal, lembaga-lembaga pendidikan maupun komponen masyarakat lain diminta bekerja sama dan peduli mengatasi persoalan pasien thalasemia.

Senada Plt Direktur RSD Idaman Banjarbaru dr Danny Indrawardhana mengatakan, RSD Idaman merupakan satu dari dua rumah sakit di Kalsel yang secara konsen menangani pasien thalassemia.

"Kebutuhan darah pasien thalassemia di RSD Idaman per minggu mencapai 30-40 kantong dan pasiennya tidak hanya dari Banjarbaru, tapi juga dari luar kota bahkan luar provinsi," ucap mantan Kabag TU RSD Idaman itu.

Diharapkan, dibukanya pelayanan hematologi onkologi anak sebagai layanan unggulan rumah sakit milik Pemkot Banjarbaru yang ditunjang dokter ahli penyakit itu dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berobat.

"Harapan kami, layanan unggulan ini dimanfaatkan masyarakat terutama yang memiliki masalah gangguan darah seperti thalassemia termasuk layanan penderita anemia defisiensi besi pada anak," katanya.

Baca juga: PMI HSS jemput bola berbagi sedekah berbagi darah
Baca juga: Aktivitas donor darah bulan Ramadhan malam hari ramai
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022