Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, mematangkan berbagai kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) tahun 2022 untuk kota setempat yang akan dikerjakan di masa akan datang.

Rapat pematangan kegiatan tersebut berlangsung di ruangan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 6 Banjarmasin, jalan Veteran Banjarmasin, Senin yang dipimpin dari pejabat Pemkot yang diwakili oleh Ibu Welly dari kantor Kesatuan bangsa  dan Politik (Kesbangpol) setempat.

Dalam rapat yang ketiga selama tahun 2022 tersebut dihadiri sebagian besar anggota GNRM 2022 maksudnya guna memaksimalkan capaian yang handak diraih dari gerakan tersebut, yakni perubahan mental masyarakat kearah yang lebih baik.

Ada lima gugus tugas yang tugas para anggotanya yang berbeda beda pula, seperti gugus tugas kebersihan lebih banyak mengarah kepada perubahan mental kebersihan, kemudian gugus tugas tertib yang tujuannya merubah sikap mental dalam ketertiban di semua sektor kehidupan.

Kemudian juga ada gugus tugas mandiri, yakni merubah perilaku masyarakat kearah kemandirian, gugus tugas melayani dalam upaya peningkatan pelayanan, disamping gugus tugas bersatu dalam upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan..

Rencana kedepan, setiap gugus tugas akan membahas berbagai kegiatan lagi serta membentuk grup whatshap sendiri sendiri untuk komunikasi yang akan dibantu untuk kordinatornya adalah dari kalangan anak muda yang tergabung dalam staf ahli muda yang dibentuk oleh Walikota banjarmasin.

Dua orang senior anggota GNRM Drs Hamdi dan Hesly Junianto menyebutkan, gerakan ini sifatnya memberikan rekomendasi pemikiran terhadap tugas  gugus gugus tersebut, tetapi yang lebih banyak melakukan kegiatannya adalah dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait dari gugus tersebut.

Oleh karena itu setiap rapat atau kegiatan hendaknya kantor Kesbangpol yang selaku instansi induk program GNRM ini harus mengundang pihak SKPD yang terkait tersebut supaya mereka mengerti masalah yang dikehendaki.

Apa yang dimaksud revolusi mental, artinya adalah gerakan untuk mengubah cara pandang,cara pikir,sikap,perilaku,dan cara kerja bangsa Indonesia untuk mengacu nilai-nilai integritas,etos keras, dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan,gara Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat.

Dengan kata lain dapat disebut sebagai Gerakan Hidup Baru Bangsa Indonesia yang bertumpu pada tiga nilai-nilai dasar, integritas, etos kerja, dan gotong royong.


 

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022