Balangan - (Antaranews Kalsel) - Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Kalsel, menggandeng Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) setempat dalam perekrutan siswa baru Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Kepala Dinas Pendidikan setempat, Eddy Yulianto mengatakan, selain dimanfaatkan untuk memperkenalkan suasana lingkungan sekolah, momen Masa Orientasi Sekolah (MOS), kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk melakukan sosialisasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

Memasuki tahun ajaran baru, setiap sekolah mulai melakukan kegiatan tahunan, salah satunya yaitu Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang memperkenalkan siswa baru terhadap lingkungan sekolah yang baru dimasukinya.

"Dengan begini, siswa-siswi baru akan mendapatkan pengetahuan mengenai bahaya mengkonsumsi narkoba, sehingga akan terbentengi dari penyalahgunaan maupun peredaran gelapnya," ujarnya.

Untuk itu, pihak Dinas Pendidikan setempat bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Balangan, sosialisasi dilakukan di semua Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Balangan.

"Saat memasuki SMA kata dia, remaja mulai memasuki masa puber sehingga sangat rentan terpengaruh pada hal-hal yang baru, termasuk narkoba, untuk itu kata dia perlu diantisipasi sejak dini," jelasnya.

Dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pendidikan, dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Balangan, lanjut Eddy, kita harus melakukan antisipasi dengan cara menghindarkan para remaja dari bahaya penyalah gunaan narkoba.

"Salah satu cara, yaitu membekali siswa baru pengetahuan tentang narkoba, serta cara penanggulangannya untuk menciptakan sekolah aman kondusif, dan terhindar dari bahaya narkoba," kata Eddy Yulianto.

Dengan diselingi sosialisasi mengenai bahaya penyalah gunanaan narkoba, tambah Eddy, diharapkan pelajar kita terhindar bahkan bisa berperan aktif dalam upaya pencegahan peredara narkoba di kalangan pemuda dan pelajar di Balangan.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015