Antusias masyarakat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk bervaksin terus meningkat, hingga kini capaian target vaksinasi COVID-19 untuk tahap ketiga ini sudah naik keangka 37 persen.

Sebagaimana disampaikan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin sebelumnya, target sasaran vaksinasi COVID-19 pada tahap ketiga untuk masyarakat umum dari usia 18 tahun ke atas sekitar 300 ribu.

Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina saat mengunjungi dua puskesmas pada hari ini, angka capai target sasaran vaksinasi di kota ini terus naik, karena antusias masyarakat yang tinggi ingin divaksin.

Seperti di Puskesmas Pemurus Baru, di Jalan Bumi Mas Raya yang dikunjunginya hari ini, tercatat ada sebanyak 900 warga antri untuk bervaksin.

Sementara itu, lanjut dia, di Puskesmas Karang Mekar, di Jalan Ratu Zaleha antri mencapai 500 orang warga untuk divaksin.

"Jadi banyak sekali warga yang ingin bervaksin, tinggal ketersediaan vaksinnya saja lagi, jika mencukupi pastinya pencarian target akan lebih cepat terealisasi," ujarnya.

Di Kota Banjarmasin, ungkap Ibnu Sina, ada sebanyak 26 puskesmas, di mana distribusi vaksin saat ini sedang kurang, hingga terkendala percepatan vaksinasi.

"Mudah-mudahan begitu vaksin pasti datang kita akan suntikan langsung, dan juga akan diatur secara baik supaya tidak terjadi kerumunan, mungkin sehari bisa sampai 100 lah di setiap puskesmas," ucapnya.

Dia pun menyatakan, target vaksinasi di Kota Banjarmasin bisa tercapai saat ini untuk suntik pertama sudah 37 persen, sedangkan yang sudah dua kali suntik vaksin sebesar 22,5 persen.

Dia pun meminta, masyarakat terus taat dan disiplin protokol kesehatan, baik yang sudah menjalani vaksinasi apalagi yang belum sama sekali.

Pasalnya, ujar dia, penularan COVID-19 masih cukup tinggi terjadi, hingga semua tetap terus waspada.

Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat untuk mematuhi peraturan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 yang saat ini diterapkan di kota ini hingga 6 September 2021.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021