Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono menghadiri rapat kerja wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Regional Kalimantan yang digelar di Tarakan Provinsi Kalimantan Utara.

Kehadiran wawali pada kegiatan yang dilaksanakan 23-24 Juni 2021 itu, juga dihadiri Ketua I Bidang Pemberdayaan Karakter Ermina Fujianti Wartono, Ass I pemerintahan, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD dan Kabag Kerja Sama.

Kegiatan yang diikuti kepala daerah maupun wakil kepala daerah regional Kalimantan dibuka oleh Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang dan resmi ditutup Kamis sore oleh Wali Kota Tarakan Khairul.

Rapat kerja tersebut menghasilkan rekomendasi untuk disampaikan ke Pemerintah Pusat melalui Apeksi mengenai strategi mewujudkan konektivitas Kalimantan melalui jalur trans Kalimantan.

Selain itu, juga sosialisasi Ibu Kota Negara (IKN) yang baru, penataan perkotaan, kemudahan berusaha, hingga ketersediaan energi dan penanganan pandemi COVID-19 secara tepat dan terukur.

Forum raker itu juga menyepakati untuk merintis kerja sama internal antar Kota se-Kalimantan dalam bentuk membangun Badan Usaha Milik Bersama dengan investasi silang antar kota se-Kalimantan.

Tujuan pembentukan BUMB dalam rangka percepatan pembangunan dan Kebijakan Travel Bubble yang akan diwujudkan dalam bentuk stimulus diskon di bidang kepariwisataan antar kota khususnya di Kalimantan. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021