Jajaran TNI dari Koramil Haruyan Kodim 1002/Barabai bersama relawan dari Balakar bantu penanganan banjir yang terjadi di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) pada hari Kamis 13 Mei 2021 sekitar pukul 19.00 WITA membuat 5 desa terendam air.

Banjir tersebut menurut Plh Danramil 1002-03/Haruyan Peltu Henri Murpianto disebabkan luapan Sungai Loklaga Haruyan yang berhulu dari Pegunungan Hamak di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

"Kelima desa tersebut adalah Desa Haruyan Seberang, Desa Pengambau Hilir Dalam, Desa Lok Buntar, Desa Mangunang desa Haruyan dan hari ini satu lagi yaitu Desa Pengambau Hilir Luar juga terdampak banjir," katanya.

Kodim 1002/Barabai melalu Kepala Staf Mayor Arm Agus Sutisna didampingi Plh Danramil membantu evakuasi warga dan pasca banjir melakukan pembersihan fasilitas umum, tempat ibadah dan rumah warga, Jum'at (14/5).

"Kegiatan yang kami lakukan adalah pembersihan tempat ibadah yang salah satunya di garasi dan Masjid Mujahidin di RT 003 Desa Haruyan Seberang yang sebelumnya digunakan untuk pengungsian sementara oleh warga.

Kepala Staf Kodim Barabai Mayor Arm Agus Sutisna menambahkan, pihaknya selalu bersinergi dan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana alam Daerah (BPBD), Polres dan SKPD terkait untuk menangani banjir.

Lebih lanjut Agus Sutisna mengatakan untuk debit air sudah ada penurunan sekitar 20 centimeter lebih dan sebagian sudah surut.

Para pengungsi diterangkannya sudah kembali pulang ke rumah masing-masing serta aktifitas warga kembali normal.

"Namun demikian kami mengimbau kepada warga untuk tetap waspada jika terjadi hujan, kemungkinan sungai bisa kembali meluap," tuntasnya.

Baca juga: Banjir di Haruyan, HST sudah surut, ruas jalan bisa dilalui
Baca juga: Kabupaten HST kembali banjir, kali ini di wilayah Kecamatan Haruyan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021