Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikrymelantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kabupaten HSS Periode 2021-2027 yang digelar terpusat dan serentak di Pendopo Bupati, dan diikuti secara virtual di Kecamatan masing-masing.

Ia mengatakan, pelantikan anggota BPD hari ini sebanyak 810 orang terdiri dari 144 desa setelah tanggal 19 Desember 2020 lalu telah dilaksanakan pemungutan suara.

"Ini disumpah secara virtual karena kita ingin serentak, maka pengambilan sumpah dilaksanakan serentak. Banyak pesan yang kami sampaikan kepada BPD bagaimana mereka bisa bersinergi, bekerjasama dengan pemerintah desa," katanya, Senin (15/2).

Baca juga: Pastikan protokol kesehatan pemilihan BPD terpenuhi, Bupati HSS monitor pelaksanaan

Dijelaskan dia, bersyukur anggota BPD itu memastikan adanya anggota dari perempuan, dan berharap agar anggota BPD bisa segera melaksanakan tugas bersama pemerintah desa untuk membangun desa dan mensejahterakan masyarakat desa.

Kepala Dinas PMD Susilo Adianto, mengatakan kegiatan hari ini tindak lanjut dari pemilihan BPD pada tanggal 19 Desember 2020 kemarin, di mana pada tahun ini untuk Kabupaten HSS BPD pemilihan dilaksanakan secara serentak.

"Dalam BPD merupakan keterwakilan perempuan, diharapkan dengan adanya perwakilan perempuan wilayah sehingga pembangunan, kebijakan dan lain sebagainya bisa merata. Hal yang berkaitan dengan perempuan juga bisa tersalurkan dan tidak terabaikan," katanya.

Baca juga: 286 orang perangkat desa HSS ikuti Bimtek peningkatan kapasitas

Menurut dia, peran BPD adalah mitra bagi pemerintah desa, di mana dalam peraturan Mendagri dan Perda menyebutkan begitu banyak tugas BPD agar bisa mengawal kebijakan-kebijakan desa, sehingga pengelolaan APBDes bisa mensejahterakan kemakmuran masyarakatnya.

Turut berhadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah Kabupaten HSS H. Muhammad Noor, para asisten, staf ahli, kepala SKPD, dan undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021