Pengungsi bencana banjir besar di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kini mulai berangsur pulang ke tempat tinggal masing-masing.

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Ahad kepulangan pengungsi tersebut seiring semakin surut air banjir yang terjadi sejak 13 Januari lalu.

Selain itu, mereka banyak kangen dengan tempat tinggal sendiri, kendati tidak terlalu jauh dari pengungsian dan masih bisa menengok keadaan rumahnya.

Sebagai contoh pengungsi di Rumah Makan Banua atau kediaman pribadi Ketua DPRD Kalsel Dr  H Supian HK - Jalan Pamajatan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, sejak Sabtu (23/1) sudah banyak yang kembali ke tempat tinggalnya semula.

Rumah Makan Banua yang khusus menyediakan menu makanan khas daerah Banjar Kalsel itu sengaja menghentikan aktivitas berjualan sejak 14 Januari lalu dan kini berfungsi sebagai tempat pengungsian warga masyarakat yang terdampak bencana banjir.

Menurut Supian HK yang juga politikus senior Partai Golkar itu, kepulangan pengungsi tersebut atas kemaun mereka sendiri dengan alasan rindu terhadap rumahnya dan air banjir sudah surut.

Selain itu, guna keamanan barang-barang alat rumah tangga mereka sehingga memilih kembali pulang, kutip anggota DPRD Kalsel dua periode tersebut.

Memang air banjir sudah berangsur turun, seperti pada Jalan Pematang/Pamijatan Gambut, 16 Januari lalu kedalaman setinggi lutut orang dewasa, sehingga sepeda motor tidak bisa menerobos karena pasti mogok, tapi kini sudah kering.

Wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel V/Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Balangan dan Kabupaten Tabalong itu mengungkapkan, selama dalam pengungsian di kediaman pribadinya tersebut ada seorang warga/pengungsi yang melahirkan.

"Kita bersyukur lebih dari 800 kepala keluarga (KK) pengungsi di tempat saya tidak yang sakit serius, kecuali gatal-gatal karena kutu air serta pusing sebab masuk angin. Kesemua itu tergolong oleh tim kesehatan yang ada di tempat kita," lanjutnya.

"Tim kesehatan itu terdiri dari tenaga medis (dokter) dan paramedis (perawat) yang bergilir tiap enam atas bantuan Dinas Kesehatan Kalsel," demikian Supian HK.
Sepeda motor pengungsi bencana banjir yang mengungsi di rumah pribadi Ketua DPRD Kalsel H Supian HK - Jalan Pamajatan Gambut. (Syamsuddin Hasan)

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021