Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Provinsi Kalimantan Selatan resmi mendirikan posko bersama untuk pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19 di perbatasan.

Letak posko bersama COVID-19 itu di kawasan Kecamatan Alalak, Kelurahan Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala, tak jauh dari tapal batas kedua daerah tersebut.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Bupati Batola H Rahmadin Noor, Kamis meresmikan posko bersama COVID-19 itu, sekalian giat membagikan masker ke para pengguna jalan yang melintas.
Baca juga: DPRD Kotabaru meninjau Posko COVID-19 di Pelabuhan Tanjung Serdang
Baca juga: Komisi III DPRD Kotabaru tinjau Posko Covid-19 pelabuhan Tanjung Serdang
Baca juga: DPRD dan Forkopimda pantau dua Posko Penanganan Covid-19
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, posko bersama COVID-19 ini akan mengawasi warga yang keluar masuk antar daerah, dipayakan bisa mendeteksi juga menangkal penyebaran virus COVID-19.

"Posko bersama ini akan selalu menghimbau masyarakat untuk mematuhi agar terhindar dari penularan virus COVID-19," ujarnya.

Khususnya, ujar dia, masyarakat agar memakai masker sebagai tindaklanjut dari instruksi WHO, yang ingin seluruh lapisan masyarakat menggunakan masker agar terhindar dari penularan virus COVID-19.

Hanya saja, lanjutnya, mengingat saat ini ketersediaan masker standar medis sangat terbatas, maka ia menyarankan agar masyarakat umum menggunakan masker kain.

"Kalau mengandalkan masker medis, tentu akan sangat terbatas. Oleh karena itu gunakanlah masker kain. Masker kain untuk warga, sedangkan masker medis untuk tenaga medis kita," tuturnya.

Mudah-mudahan warga yang keluar masuk merasa terjamin dan juga tidak menularkan virus corona atau COVID-19," katanya.
Suasana peresmian posko COVID-19 di perbatasan Banjarmasin-Batola.(Antaranews Kalsel/Humas Pemkot Banjarmasin)

Hal senada juga dikatakan Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, di mana menurutnya, penggunaan masker saat ini memang wajib dilakukan seluruh lapisan masyarakat.

Hal ini mengingat pandemic virus itu sudah melanda hampir seluruh pulau di Indonesia.

Sebagai pemimpin daerah, lanjutnya, ia dan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina tidak ingin ada masyarakatnya yang terjangkit virus tersebut.

Karenanya, penyediaan dan pembagian masker gratis pun mereka laksanakan.

"Masyarakat kita masih banyak yang beraktifitas di luar ruangan atau di luar rumah, maka dari itu kita menginginkan masyarakat kita sehat-sehat semua, jangan sampai ada yang terjangkit virus tersebut. Nah ini salah satu dari upaya kita supaya masyarakat kita sadar betul, bahwa memakai masker di luar rumah sangat perlu dan sangat penting," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020