Sejumlah elemen mahasiswa di Banjarmamsin membagi-bagikan berbagai jenis pohon mewarnai Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010.

Memakai jaket almamater warna merah hati mahasiswa  seakan tidak peduli panas terik matahari untuk membagi-bagikan pohon diperempatan jalan umum dalam Kota "seribu sungai" Banjarmasin, Sabtu.

Sebagai contoh dipersimpangan Jalan S. Parman/Jalan Belitung/Jalan Perintis Kemerdekaan, mahasiswa pecinta alam itu membagi-bagikan bibit pohon langsat.

Pepohonan yang dibagi-bagikan kepada khalayak umum itu cukup beragam namun dominan berupa bibit buah-buahan seperti langsat, rambutan dan mangga.

Pembagian pohon buah-buahan itu memang tidak seberapa banyak tetapi setidaknya sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan agar tetap hijau dan langit biru, ujar Riady salah seorang mahasiswa yang membagi-bagikan pohon tersebut.

"Kota Banjarmasin perlu pepohonan hijau guna mengimbangi pencemaran udara yang disebabkan pembuangan emisi dari kendaraan bermotor yang kian bertambah," tuturnya.

Kepala Bidang Pemantauan Lingkungan Hidup (Taulih) Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dra Hj. Ninuk M menyambut positif aksi mahasiswa yang membagi-bagikan bibit pohon buah-buahan.

"Apalagi kalau dikaitkan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sikap peduli terhadap lingkungan perlu mendapat dukungan semua pihak," tuturnya.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010 "Keanekaragaman Hayati Masa Depan Bumi Kita".

"Dari tema tersebut berarti keanekaragaman hayati perlu kita jaga dan terus tingkatkan agar sumber daya alam serta lingkungan kita tetap terjaga," demikian Ninuk.

Editor: Abdul Hakim Muhiddin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar