Senin, 21 Agustus 2017

Tiga Kecamatan Belum Salurkan Rastra

id Rastra, Sosial, Sembako
Tiga Kecamatan Belum Salurkan Rastra
Rastra. (Antara/)
Tapi hingga kini masih tiga kecamatan yang belum salurkan Rastra yakni Amuntai Selatan, Amuntai Utara dan Danau Panggang, barangkali terkendala masih mengumpulkan pembayaran dari masyarakat,
Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Tiga kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan hingga 8 Juni 2017 belum menyalurkan bantuan Program Subsidi beras untuk rumah tangga berpenghasilan rendah atau Rastra.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Rizali Eswansyah di Amuntai, Kamis mengatakan sejak April 2017 bantuan Rastra sudah bisa disalurkan meski agak terlambat karena menunggu Surat Keputusan Gubernur tentang pagu Rastra.

"Tapi hingga kini masih tiga kecamatan yang belum menyalurkan Rastra yakni Amuntai Selatan, Amuntai Utara dan Danau Panggang, barangkali terkendala masih mengumpulkan pembayaran dari masyarakat," ujar Rizali.

Rizali mengatakan, Tiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) harus membayar sebesar Rp1600 per kilogram beras untuk jatah beras 15 kilo per bulan, pembayaran ini termasuk untuk ongkos angkut atau transportasi yang dihitung dari titik distribusi ke titik ambil. Beberapa kecamatan diduga masih berupaya menghimpun pembayaran dari KPM sehingga terlambat menyalurkan Rastra.

Ia berharap semua kecamatan bisa menyelesaikan penyaluran Rastra sebelum Bulan Juni berakhir, sebab jika belum juga disalurkan maka jatah Rastra dari kecamatan bersangkutan akan hangus.

Dikatakan, dua kecamatan sudah menyalurkan Rastra untuk jatah empat bulan yakni Kecamatan Paminggir dan Haur Gading. Kecamatan yang telah menyalurkan jatah Rastra tiga bulan yakni Amuntai Tengah dan Babirik, sedangkan yang menyalurkan dua bulan Kecamatan Banjang dan Sungai Pandan.

Kecamatan Sungai Tabukan baru menyalurkan jatah Rastra satu bulan dan tiga kecamatan lainnya yakni Amuntai Selatan, Amuntai Utara dan Danau Panggang masih belum menyalurkan Rastra.

Dinas Sosial HSU sudah mendapat konfirmasi dari tiga kecamatan bahwa penyaluran Rastra kemungkinan mulai disalurkan pada pekan kedua Juni ini karena disadari kebutuhan
masyarakat akan sembako pada Bulan Ramadan dan jelang Lebaran cukup tinggi.

RIzali menginformasikan ada 18 titik distribusi penyaluran Rastra di Wilayah HSU yakni untuk Kecamatan Danau Panggang, Babirik, Amuntai Selatan, Banjang, Sungai Tabukan, dan Haur Gading masing-masing hanya satu titik distribusi atau tempat penurunan beras yang diangkut dari Bulog Barabai yakni di Kantor Kecamatan masing-masing.

Sedangkan Kecamatan Amuntai Utara dan Sungai Pandan memiliki masing-masing 4 dan 5 titik distribusi selain kantor kecamatan, yakni untuk Amuntai Utara titik distribusinya berada di Desa Tayur, Desa Cakru dan Panangkalaan Hulu. Sedang Kecamatan Sungai Pandan titik distribusinya juga berada di Desa Tapus Dalam, Banyu Tajun
Panangkalaan, Sungai Pandan Hulu dan Sungai Sandung.

"Dari titik distribusi tersebut, beras akan di antar ke titik-titik bagi di masing-masing desa, jadi masyarakat tidak perlu mengambil ke titik distribusi," pungkasnya.

Editor: Eddy Abdillah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga