Selasa, 23 Mei 2017

Menjelang Ramadhan, Harga Sembako di HST Stabil

id harga sembako, sembako, barabai
Menjelang Ramadhan, Harga Sembako di HST Stabil
(Foto Antaranews Kalsel/Yunita)
Hanya komoditas bawang putih saja yang mengalami kenaikan harga dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram,
Barabai, (AnataraNews Kalsel) - Menjelang bulan suci Ramadhan harga sembako di pasar Keramat Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan stabil.

"Hanya komoditas bawang putih saja yang mengalami kenaikan harga dari Rp50 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogram," kata Kepala Dinas Perdagangan HST Yuserani di Barabai, Jumat.

Sedangkan kebutuhan pokokn yang harganya masih stabil diantaranya gula pasir Rp13.000 per kilogram, minyak curah putih Rp12.000 per liter, tepung terigu Rp6.000 per kilogram, daging ayam Rp38.000 per kilogram dan daging sapi Rp110.000 per kilogram.

Sedangkan telur ayam ras naik dari harga Rp20.000 menjadi Rp22.000 per kilogram sedangkan penurunan harga terjadi pada cabe rawit lokal dari Rp60.000 menjadi Rp40.000 per kilogeramnya serta Bawang merah dari Rp37.000 menjadi Rp30.000 per kilogeram.

Selanjutnya tim pengendali Inflasi Dinas Perdagangan selalu turun ke lapangan untuk mensurvei harga sembako di pasar guna deteksi awal jika terjadi kenaikan.

"Untuk menstabilkan harga kita bekerjasama dengan Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel melalui operasi pasar murah termasuk sidak ke Pasar-pasar bersama Balai POM untuk mengontrol kesehatan barang,"katanya.

Terpisah perwakilan Bulog Sub Divre Wilayah I Barabai Zainul Falah mengatakan persediaan beras dan gula pasir di HST sampai enam bulan ke depan masih mencukupi.

"Stok beras di Bulog sebanyak enam ribu ton dan gula pasir sekitar 380 ton, jadi masyarakat HST tidak perlu khawatir kenaikan harga, karena kami juga kan mengadakan operasi pasar agar harga gula dan beras selalu stabil," katanya.

Editor: Ulul Maskuriah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga