Senin, 25 September 2017

Disdukcapil Mulai Cetak 10.000 KTP

id e-ktp, banjarmasin, KTP-e, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
Disdukcapil Mulai Cetak 10.000 KTP
Pelayanan Kependudukan di Banjarbaru.(Antaranews Kalsel/hms)
Mulai hari ini dilakukan pencetakan E-KTP, ada sebanyak 10 ribu lembar yang tersedia blankonya
Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin mulai melakukan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-e) sebanyak 10 ribu lembar.

"Mulai hari ini dilakukan pencetakan E-KTP, ada sebanyak 10 ribu lembar yang tersedia blankonya," ujar Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin Khairul Saleh di Banjarmasin, Selasa.

Namun pencetakan KTP-e yang dilakukan kali ini hanya untuk warga yang sudah merekam identitas dirinya sejak 2011 sampai Juli 2016, setelah itu belum bisa dilakukan karena keterbatasan blanko.

"Prioritasnya memang yang sudah lama melakukan perekamanan data dulu kita selesaikan, bahkan untuk revisi E-KTP tidak bisa dilakukan pelayanan dulu," terangnya.

Khairul mengaku terbatasnya blanko dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) membuat pencetakan KTP-e tidak bisa maksimal dilakukan, padahal jumlah antrean warga yang ingin membuat KTP-e sudah hampir 20 ribuan.

"Ya, kita harap yang belum bisa dicetakkan E-KTP-nya agar bisa bersabar, sementara bisa menggunakan KTP sementara dulu, sebab fungsinya juga sama," ujarnya.

Menurut dia, KTP-e permintaan warga yang bisa dicetak langsung terkecuali dalam keadaan genting, misalnya mau sekolah keluar negeri atau apa lagi yang disyaratkan harus menggunakan E-KTP yang dibuktikan dengan lampiran surat dari lembaga berkepentingan tersebut.

"Jadi kita harap maklum dan pemahaman masyarakat kalau tidak bisa dicetakkan E-KTP-nya sementara ini, karena keberadaan blanko sangat terbatas, bisa mengalah untuk orang yang lebih mementingkan," paparnya.

Dia memastikan jika blanko tambahan didapatkan dari Kemendagri, maka penyelesaian pencetakan KTP-e seluruh warga akan secepatnya dilakukan.

Total cetak KTP-e sejak dicanangkannya 2011 sudah mencapai 430.893 orang. Angka itu sudah di atas ketentuan kementerian yang menarget Banjarmasin harus mencetak KTP-e sebanyak 426 ribu.

Sedangkan untuk angka masyarakat yang sudah melakukan rekam E-KTP sebanyak 454.319 orang.

Meski demikian, kata dia, angka tersebut dapat berubah. Keluar masuknya warga Banjarmasin menjadi faktor utama fluktuasi jumlah perekaman KTP-e di Banjarmasin.

Editor: Hasan Zainuddin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga