Selasa, 24 Oktober 2017

PMI Siapkan 350 Kantong Darah Selama Ramadhan

id darah, PMI, persediaan darah
PMI Siapkan 350 Kantong Darah Selama Ramadhan
(Antaranews Kalsel)
Sebanyak 350 kantong darah yang dipersiapkan adalah hasil dari para pendonor yang dilakukan sebelum memasuki bulan Suci Ramadhan untuk mengantisipasi minimnya ketersediaan darah di rumah sakit
Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berupaya mengantisipasi kekurangan persediaan darah di Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Andi Abdurahman Noor dengan menyiapkan 350 kantong darah.

Ketua PMI Tanah Bumbu Gusti Hidayat, di Batulicin, Rabu, mengatakan menjelang bulan Suci Ramadhan 1438 hijriah PMI sudah mempersiapkan darah melalui aksi donor darah di beberapa kecamatan bersama pihak Pemerintah Daerah dan PT. Arutmin Tambang Batulicin.

"Sebanyak 350 kantong darah yang dipersiapkan adalah hasil dari para pendonor yang dilakukan sebelum memasuki bulan Suci Ramadhan untuk mengantisipasi minimnya ketersediaan darah di rumah sakit," katanya.

Dikatakan, PMI mengajak kepada masyarakat maupun Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) agar berpartisipasi menyumbangkan setetes darah melalui PMI, RSUD atau Puskesmas terdekat.

Pihak PMI bersedia melayani warga atau kelompok masyarakat yang ingin menyumbangkan darahnya baik di kantor PMI maupun Rumah Sakit.

Sebelumnya pihak rumah sakit mengalami kekurangan darah, terutama golongan darah A dan AB, akan tetapi dengan adanya penambahan stok dari PMI kekurangan tersebut bisa teratasi dan dipastikan cukup hingga lebaran Idul Fitri.

Kebutuhan darah di RSUD rata-rata 130 kantong darah setiap bulan, namun stok saat ini mencapai 300 kantong darah yang terdiri golongan darah A ada 82 kantong, golongan darah B 86 kantong, golongan darah O 75 kantong, dan golongan darah AB 57 kantong.

Kepala Departemen SHE dan Engginering Arutmin Tambang Batulicin Efendi mengatakan pihaknya sangat mendukung kerja sama antara PMI dan PT Arutmin untuk melaksanakan kegiatan sosial bagi masyarakat dengan melaksanakan donor darah.

"Kami sangat mengapresiasi dengan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh PMI, sebelumnya kami menargetkan 200 kantong darah dari Karyawan PT Arutmin untuk menyumbangkan setetes darah. Antusiamnya karyawan untuk menyumbangkan setetes darah dari jumlah yang ditentukan PMI menerima lebih dari 200 kantong darah," paparnya.

Editor: Imam Hanafi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga