Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan sosialisasi program pembangunan keluarga bersama mitra kerja melalui genre ceria, bertempat di Taman Palindangan Sehati.

Kepala Dinas PPKBPPPA HSS Hj Is Susilastuti, di Kandangan, Senin (25/3), mengatakan dipilihnya Taman Palidangan Sehati sebagai tempat acara karena Palidangan Sehati merupakan ruang bermain ramah anak.

"Taman ini sudah tersetifikasi Tim dari Pusat sebagai pelopor ruang bermain peringkat pertama di Tingkat Nasional yang langsung diterima oleh Bupati HSS," katanya, saat menyampaikan laporan.

Baca juga: Bupati HSS terima kunjungan BKKBN Kalsel

Tak lupa, ia juga mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang mempercayakan kegiatan ini dilaksanakan di Kabupaten HSS, dan melaporkan bahwa jumlah remaja di Kabupaten HSS dari usia 10 sampai dengan 24 tahun mencapai 24,37 persen.

Bupati H Achmad Fikry, mengharapkan agar remaja di HSS  diarahkan untuk menjadi aset ke depan dan pihaknya mendorong remaja HSS untuk bisa sekolah sampai Tingkat SLTA.

"Pemerintah Kabupaten HSS  mempunyai program wirausaha untuk anak muda yang tidak kuliah yang sudah dituangkan dalam RPJMD, saya menghimbau kepada generasi muda HSS untuk tidak kawin sebelum waktunya dan jangan kawin sebelum ada usaha," katanya.

Menurut dia, ke depannya tentu generasi muda akan menghadapi tantangan yang lebih komplek termasuk di dalam keluarga dan ia menghimbau agar siap menghadapi tantangan tersebut, termasuk dalam upaya berpartisipasi membangun daerah tercinta.

Baca juga: HSS kembali canangkan 11 Kampung KB

Ketua DPRD HSS H Akhmad Fahmi, mengatakan agar remaja di HSS  untuk selalu melakukan hal-hal yang positif seperti berolahraga, mengikuti organisasi yang ada di sekolah serta hindari penyalahgunaan narkoba.

DIjelaskan dia, sebagai tindak lanjut peran dan dukungan pihak legislatif dalam program pendewasaan usia perkawinan, DPRD HSS sudah membuat Peraturan Daerah (Perda) Nomor 10 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan perlindungan anak.

Turut hadir, perwakilan dari BKKBN Pusat dan BKKBN Kalsel, Penjabat Sekretaris Daerah HSS H Hubriansyah, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, Ketua Gatriwara Lia Noviana, Ketua GOW HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, para kepala SKPD, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, pimpinan perbankan serta pelajar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019