Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan  dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) HSS, kembali mencanangkan 11 kampung KB, termasuk salah satunya Desa Parigi, di Kecamatan Daha Selatan.

Kepala Dinas Badan PPKBPPPA HSS Hj.Is Susilastuti , di Paringi, mengatakan maksud dibentuknya kampung KB adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau desa atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana, pembangun keluarga dan pembangunan sektor terkait dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas.
 

Pencanangan Kampung KB di Desa Paringi, Kecamatan Daha Selatan (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

"Sampai saat ini angka capaian Kabupaten HSS untuk peserta KB aktif 38.379 peserta atau sebesar 78,61% dari pasangan usia subur 48.821 serta kampung KB yang sudah terbentuk sebanyak 22 buah kampung KB," katanya, saat memberikan laporan dalam pencanangan Desa Parigi, Kecamatan Daha Selatan sebagai salah satu Kampung KB.

Dijelaskan dia, Kampung KB dilengkapi juga dengan rumah dataku yang merupakan rumah data kependudukan yang difungsikan sebagai pusat data dan masalah kependudukan yang mencakup sistem informasi, yang bersumber dari, oleh dan untuk masyarakat dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan menyambut baik pencanangan Desa Parigi ini sebagai kampung KB di Kabupaten HSS, ia berharap melalui kampung KB ini dapat menjadi ujung tombak pelaksanaan program KB di kecamatan Daha Selatan.

Dijelaskan dia, kampung KB merupakan salah satu program pemerintah berbasis keluarga untuk membangun karakter bangsa indonesia, serta keberhasilan program Kampung KB tidak bergantung penuh terhadap pemerintah saja.
 

Peresmian Rumah DatakuDesa Paringi, Kecamatan
Daha Selatan (Fathurrahman/Protokol Kehumasan HSS/Antarakalsel)

"Berhasil dan tidaknya program ini harus mendapat dukungan penuh dari semua stake holder terkait, terutama masyarakat Desa Parigi sendiri yang menjadi muara dari sasaran Program Kampung KB," katanya.

Dikegiatan ini juga dicanangkan 10 desa yang ada di 10 kecamatan dikabupaten HSS ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati HSS, dilanjutkan dengan peresmian Rumah Dataku Desa Parigi serta dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis enam sekretariat Kampung KB di Desa Parigi.

Turut hadir,  Kepala Bidang BKKBN Provinisi Kalimantan Selatan (Kalsel) H.Ramlan, Wakil Ketua TP PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, para camat, ketua MUI kecamatan Daha Selatan serta masyarakat desa setempat.

Baca juga: Dinas PPKBPPPA HSS gelar bakti sosial pelayanan KB gratis
Baca juga: HSS gelar Jambore Forum Anak tingkat kabupaten

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018