Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri syukuran sekaligus secara simbolis melakukan panen padi Kelompok Tani (Poktan) Rasau Bhakti, Kelurahan Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.

Pengurus Poktan Rasau Bhakti H.Masdariansyah, di Jambu Hilir, Senin (4/3), mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan bupati yang telah memenuhi undangan syukuran panen padi ini, dan syukuran ini juga sebagai ajang silaturahmi dengan Bupati dan undangan lainnya.

"Kami melaporkan dari 15 hektar, yang sudah siap panen seluas 10 hektar dan untuk tanam yang kedua ini diperkirakan hanya mampu 10 hektar, karena kurangnya air irigasi yang tersedia. Oleh karena itu sudah direncanakan nantinya akan dilakukan swadaya untuk pengairan," katanya.

Semai benih padi untuk tanam yang kedua (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Gerakan pengendalian massal hama amankan produksi tanaman HSS

Dijelaskan dia, Poktan Rasau Bhakti dibentuk tahun 1980 dengan lahan yang diverifikasi oleh SKPD terkait seluas 15 hektar, dengan anggota 30 orang dan sampai saat ini masih menggunakan pola tanam padi-padi.

Lebih lanjut, Ia mengutarakan keinginan para anggota Poktan yang diantaranya menginginkan pondok pertemuan, alat-alat mesin pertanian serta perluasan jaringan irigasi.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengajak mensyukuri panen dan mengharapkan kepada Allah SWT apa yang disemai tadi akan menghasilkan yang terbaik serta agar  para anggota Poktan Rasau Bhakti untuk mengurangi penggunaan zat-zat kimia dalam melakukan cocok tanam dan menggalakkan penggunaan bahan organik.

"Kami berharap para petani di sini melangkah ke pertanian berbasis organik, sehingga nantinya masyarakat dapat mengkonsumsi hasil padi yang organik, yang tidak mengandung bahan kimia sehingga masyarakat dapat menjalankan gaya hidup sehat," katanya, saat menyampaikan sambutan.

Dialog petani bersama Bupati HSS H Achmad Fikry (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Babinsa Ambutun kawal pupuk untuk poktan binaan

Dijelaskan dia, untuk permohonan pondok pertemuan, alat-alat mesin pertanian dan lainnya yang diperlukan oleh Poktan serta perluasan jaringan irigasi agar bisa mengajukan proposal ke pihak terkait.

Panen padi ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry bersama Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan Letkol Inf.Suhardi Aji Wijayanto, Plt.Kepala Dinas Pertanian Kabupaten HSS H.M.Noor,  dan Plt. Camat Kandangan H.Syamsudin.

Selain itu juga dilakukan semai benih padi untuk tanam yang kedua dan penyerahan secara simbolis bantuan benih unggul kepada Kelompok Tani, turut hadir Wakapolres HSS Kompol.Arief Himawan,  Plt Lurah Jambu Hilir, jajaran Dinas Pertanian, anggota Poktan dan masyarakat Kelurahan Jambu Hilir.

Penyerahan bantuan benih unggul (Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019