Kandangan,  (Antaranews Kalsel)  - Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Balai Proteksi Tanaman Pangan dan Hultikultura (BPTPH) bersama Kelompok Tani Rasau Bhakti, melaksanakan kegiatan gerakan pengendalian massal hama wereng batang coklat, bertempat di Padang Rasau, Keluraham Jambu Hilir, Kecamatan Kandangan.

Kepala Laboratorium pengamatan hama penyakit tanaman pangan dan hultikultura M. Astalani, di Padang Rasau,  Selasa (26/2), mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengamankan produksi tanaman pangan, khususnya padi dari serangan hama wereng batang coklat.
 
Gerakan pengendalian massal hama wereng batang coklat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS galakkan gerakan tanam padi di lahan lebak

"Gerakan ini sekaligus sosialisasi terkait penanggulangan hama tanaman pangan lainnya, dan berasal dari program Dinas Pertanian Provinsi Kalsel bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten(Pemkab) HSS," katanya.

Dijelaskan dia,  kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan ke depannya bisa dilakukan oleh petani secara swadaya, sehingga tidak terjadi lagi serangan-serangan hama wereng batang coklat pada padi.

Untuk mencegah terserangnya padi akan hama wereng batang coklat, pihaknya menghimbau agar petani bisa menanam padi dengan varietas-varietas unggul yang tahan akan serangan hama wereng batang coklat. Varietas unggul memiliki ketahan lebih dari hama dan penyakit ketimbang varietas lokal. 
 
Gerakan pengendalian massal hama wereng batang coklat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS bimtek pemotongan hewan kurban yang Asuh

Kemudian juga, kepada para petani yang lahannya mengalami kerusakan baik itu terserang hama atau penyakit akan tetapi tidak berkemampuan untuk mengendalikannya, agar bisa berhubungan langsung dengan petugas atau langsung ke Laboraturium BPTPH Kalsel di Desa Hariti, Kecamatan Sungai Raya.

"Kami siap membantu pengendalian hama untuk para petani HSS, kita akan bantu segala apa yang dibutuhkan oleh petani," katanya.
 
Gerakan pengendalian massal hama wereng batang coklat (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019