Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Ambutun Koramil 1003-01/Telaga Langsat Serda Syaiful Arifin ikut mengawal distribusi pupuk bantuan kepada para sepuluh Kelompok Tani (Poktan) yang ada di wilayah binaannya  .

Ia mengatakan, bantuan pupuk itu merupakan bantuan dari pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Hulu Sungai Selatan(HSS) yang diperuntukkan untuk seluruh poktan di Kecamatan Telaga langsat.
Pengawalan distribusi pupuk kepada Poktan (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Peringati Hari Juang Kartika Kodim Kandangan gelar karya bakti

"Pembagian pupuk bantuan ini dilakukan oleh Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Telaga Langsat, diserahkan kepada sepuluh Ketua Kelompok Tani (Kapoktan) yang ada di Desa Ambutun," katanya, saat memberikan keterangan melalui sambungan telepon, Rabu (19/12).

Dijelaskan dia, pembagian pupuk ini untuk membantu meringankan beban petani dalam memberikan nutrisi dan vitamin terhadap tanaman, sehingga hasil panen petani bisa meningkat, Saat ini lahan sawah di desa rata-rata sudah ditanami padi, maka tanaman padi itu butuh tambahan nutrisi selain yang sudah terkandung dalam tanah.

Komandan Koramil 1003-01/Telaga Langsat Kapten Cpm Moch Soleh, mengatakan pihaknya akan terus melakukan pemantauan, pendampingan dan pengawalan terhadap pendistribusian pupuk bantuan pemerintah, agar penyaluran bantuan benar-benar sampai ke tangan petani.

“Tak ada kompromi, kita kawal terus pendistribusi pupuk bantuan hingga benar-benar sampai ke tangan petani yang memang betul-betul membutuhkan bantuan tersebut,”katanya.
 
Pengawalan distribusi pupuk kepada Poktan (Antarakalsel/Fathur/Ist)


Baca juga: 100 peserta ikuti pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim Kandangan

Menurut dia, ini bentuk konsistensi Kodim 1003/Kandangan, khususnya Koramil 1003-01/Telaga Langsat dalam menjamin keberhasilan program swasembada pangan di wilayahnya, maka seluruh Babinsa dikerahkan untuk menghindari tindak penyelewengan terhadap pupuk bantuan tersebut.

Untuk mengamankan proses pendistribusian pupuk bantuan ini maka seluruh Babinsa harus aktif terjun langsung ke lapangan, agar program swasembada pangan dapat diwujudkan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018