Barabai, (Antaranews Kalsel) - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang merupakan mitra pemerintah melaksanakan sosialisasi dan audiensi terkait peningkatan mutu guru di daerah khususnya di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) di Pendopo Pemkab HST, Kamis (17/1).

Staf Ahli Bidang Pendidikan APKASI Hj Himmatul Hasanah dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan itu merupakan salah satu program kerja APKASI di bidang pendidikan dan sangat berguna bagi daerah untuk peningkatan kompetensi guru yang pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi di tingkat nasional, global maupun internasional.

Menurutnya, program itu dilaksanakan karena banyaknya problematika guru dan tenaga pendidikan sekarang ini serta guna menjelaskan lebih rinci terkait program peningkatan mutu pendidikan di daerah.

"Program ini sudah diluncurkan sejak tahun 2011 lalu dan sampai saat ini telah melatih 80 ribu lebih tenaga pendidik di 100 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," katanya.

Diterangkannya, peran guru merupakan fungsi sangat penting dalam bidang pendidikan dan harus menjadi sosok yang mencerahkan yang akan membuka alam dan pikiran serta jiwa untuk memupuk nilai-nilai kasih sayang, keteladanan, perilaku dan moralitas menjadikan kerakter inti dari pada pendidikan yang sesungguhnya.

Sementara itu, Plt Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi kegiatan menyampaikan bahwa Pemkab HST menyambut baik dengan diselenggarakannnya sosialisasi itu agar mutu pendidikan lebih baik dan lebih meningkat dari tahun ke tahun.

"Kegiatan ini merupakan sebuah langkah nyata kita untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di Bumi Murakata," tegasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu jajaran Kepala SOPD di lingkungan Pemkab HST, Pengurus K3S, Kepala Sekolah Dasar, IGTKI, Himpaudi dari Kecamatan se HST dan jajaran dinas pendidikan HST.

Baca juga: TNI pelopori pembersihan sungai Barabai
Baca juga: Warga rumah tahanan kelas IIB Barabai dibuatkan KTP-Elektronik
Baca juga: Tradisi perkawinan Alumni IPDN, kepala daerah memasangkan cincin pernikahan

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019