Barabai, (Antaranews Kalsel) - Jajaran TNI dari Kodim 1002 Barabai melakukan pembersihan di beberapa titik aliran sungai Barabai pascabanjir yang menyisakan tumpukan sampah di wilayah Hulu Sungai Tengah (HST), Jum'at (18/1).

Danramil 1002-06/Barabai Kapten M Alip Suroso mengungkapkan, sampah tersebut adalah rumpun bambu yang terbawa saat air sungai meluap akibat hujan terjadi di daerah hulu sungai  yaitu pegunungan meratus.

"Selain tumpukan rumpun bambu juga terdapat sampah dari rumah tangga yang membuat sungai menjadi kotor," katanya.

Menurutnya, hari ini para prajuritnya bersama-sama dengan pihak BPBD, Dinas Lingkungan Hidup dan dibantu warga sekitar melakukan pembersihan di aliran sungai Barabai tepatnya di Desa Bukat.

"Hal ini kami lakukan untuk menciptakan aliran sungai yang bersih dari kotaran dan sampah, sehingga air sungai dapat mengalir dengan normal serta untuk menghindari banjir di kota Barabai khususnya," katanya.

Selain itu, pihaknya  juga melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat yang tingggal di sepanjang aliran sungai Barabai agar tidak membuang sampah di sungai untuk menciptakan kondisi aliran sungai yang bersih serta untuk menghindari bencana banjir.

Baca juga: Warga rumah tahanan kelas IIB Barabai dibuatkan KTP-Elektronik
Baca juga: Pangdam VI Mulawarman cek kesiapan keamanan Pemilu di HST
Baca juga: Pemkab HST akan menerbitkan kartu identitas anak

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019