Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Pertanian (Distan) HSS menggalakkan gerakan tanam padi lahan lebak bersama ditandai penanaman oleh Penjabat (Pj) Bupati HSS H Dahnial Kifli dengan masyarakat Desa Banua Hanyar, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten HSS.

Kepala Distan HSS Fathurrahman, di Banua Hanyar, Rabu (11/7), mengatakan lokasi ini salah satu dari kegiatan Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Upsus Pajale) yang ditargetkan seluasa 5411 hektar pada tahun 2018 di Kabupaten HSS. 

"Sampai saat ini telah ditanam di lahan lebak baru 5074 hektar, dan sisanya sudah siap tanam hingga pertengahan Agustus 2018 sudah selesai serta diperkirakan panen pada bulan Desember 2018 sampai Januari 2019," katanya, saat menyampaikan laporan.
 

Gerakan tanam padi lahan lebak (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Pj Bupati HSS cek kesiapan alat berat bantuan Kementan

Dahnial Kifli, mengatakan menyambut baik kegiatan tanam padi di lahan lebak yang dilaksanakan di Desa Banua Hanyar, penggalakkan gerakan tanam padi di lahan lebak  ini sangat penting dalam mendukung ketersediaan pangan di daerah.

Menurut dia, kegiatan ini juga selaras dengan tujuan bersama untuk mewujudkan swasembada pangan di kabupaten HSS, melalui percepatan panen, pemanfatan lahan tidur, cetak sawah baru sehingga diharapkan dapat meningkatkan pruduktifitas pertanian.

Para orang tua khususnya petani, diharapkan dia  agar dapat membimbing putra-putrinya untuk mencintai kegiatan bertani, tanpa adanya penerus para petani, maka pangan sebagai salah satu kebutuhan pokok akan mengalami kelangkaan.

“Dengan keberadaan para petani, khususnya bagi daerah kita HSS yang sumber mata pencaharian terbanyak adalah petani, maka akan dapat menunjang pembangunan di daerah kita,” katanya.
 

Gerakan tanam padi lahan lebak (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)


Baca juga: HSS Terima Bantuan Alsintan Pengembangan Cabe

Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian yang telah berperan aktif membantu para petani, dan kegiatan positif ini dapat terus dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan intensitasnya.

Peran penyuluh agar tidak hanya pada petani yang tergabung dalam kelompok tani, namun juga dapat merangkul petani lainnya yang belum termasuk dalam anggota kelompok tani agar kesejahteraan bersama bisa dicapai.

Turut berhadir, Ketua DPRD HSS H.Akhmad Fahmi, Dandim 1003 Kandangan  Letkol infanteri  Suhardi Aji Sriwijayanto, Asisten Administrasi  Pembangunan dan Kemasyarakatan  H.Hubriansyah, para kepala SKPD, Camat Daha Selatan H.Ahmad Sapuan,  dan masyarakat Desa Banua Hanyar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018