Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Ardiansyah menyerahkan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Cultivator dan pompa air yang bersumber dari Anggaran Pendapat Belanja Negara (APBN) Tugas Pembantuan Tahun Anggaran (TA) 2018.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) HSS, H.Fathurahman, di Kandangan, Kamis (7/6), mengatakan bantuan alsintan ini untuk mendukung kegiatan pengembangan Cabe Besar Merah dan Cabe Rawit, berupa Cultivator sebanyak 50 unit dan pompa air portable 2 In sebanyak 100 unit, yang nantinya akan dibagikan ke 58 Kelompok Tani (Poktan) di delapan kecamatan.

Penyerahan Bantuan Alsintan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Distan Buka Lahan Untuk Pakan Ternak

"Pengembangan Cabe dari APBN (Tugas Pembantuan) TA 2018 Dirjen Hortikutura Kementrian Pertanian seluas 100 ha di Kabupaten HSS, dengan perincian untuk pengembangan Cabe Besar Merah seluas 50 hektar dan Cabe Rawit seluas 50 hektar,"katanya, saat menyampaikan laporan, bertempat di Halaman Distan HSS.

Dijelaskan dia, adapun lokasi untuk pengembangan Cabe Merah bantuan dari APBN Ta 2018 di 58 poktan tersebar di 8 Kecamatan, yaitu Kecamatan Kandangan Seluas 8 hektar dengan empat poktan, Kecamatan Sungai Raya seluas 16 hektar dengan 11 poktan.

Penyerahan Bantuan Alsintan (Fathurrahman/Dinas Kominfo HSS/Antarakalsel)

Baca juga: HSS Dibantu APBN Perluasan Areal Bawang Merah 40 Hektar

Kecamatan Simpur seluas 16 hektar dengan 10 poktan, Kecamatan Kalumpang seluas dua hektar dengan  satu poktan, Kecamatan Angkinang seluas 14 hektar dengan delapan poktan, Kecamatan Telaga Langsat seluas 18 hektar dengan sembilan poktan.

Selanjutnya, Kecamatan Padang Batung seluas 20 hektar dengan 10 poktan dan Kecamatan Loksado seluas enam  hektar dengan lima poktan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2018