Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Kalimantan Selatan (Adpim Kalsel) menerapkan inovasi layanan informatika berbasis digital bernama Digitalisasi Layanan Permintaan Pidato Pimpinan (DALAPAN).

Kepala Biro Adpim Provinsi Kalsel Berkatullah di Banjarbaru, Kamis, mengatakan inovasi DALAPAN sebagai upaya bersama agar dalam penyusunan naskah pidato pimpinan dapat optimal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Kalsel berjuang kembalikan status internasional Bandara Syamsudin Noor

"Pidato yang baik harus mampu memberikan inspirasi, memberitahukan kepada masyarakat tanpa meninggalkan esensi dari pesan yang ingin disampaikan untuk mewujudkan itu semua diperlukan sinergi kolaborasi seluruh SKPD di lingkup Pemprov Kalsel," kata Berkatullah.

Berkatullah pun menegaskan penyediaan naskah pidato pimpinan harus memiliki tujuan yang sama, yaitu membangun narasi positif sehingga berbagai informasi maupun keberhasilan pembangunan di "Banua" atau Kalsel dapat diterima masyarakat.

Pada kesempatan itu, Biro Adpim Provinsi Kalsel juga mengadakan Workshop Penyusunan Naskah Pidato Pimpinan bagi perwakilan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Kalsel.

"Tujuan kegiatan ini yakni sinergi bersama menyampaikan pesan yang sudah kita siapkan kemudian penyusunan naskah pidato pimpinan, dan pesan strategis pada kepemimpinan dapat disampaikan kepada masyarakat dengan baik dan benar," ucap Berkatullah.

Baca juga: Pembangunan jalan KM 171 Satui masih di koordinasikan kementerian PUPR

Workshop yang mengangkat tema "Membangun Narasi Positif Daerah melalui Pidato yang Berkualitas dan Terintegrasi" tersebut diungkapkan Berkatullah, agar aparatur sipil negara (ASN) dapat menggali lebih dalam penyusunan pidato berkualitas dan memiliki narasi positif yang berdaya saing dengan narasi positif dan inspiratif.

Setiap SKPD Pemprov Kalsel Peserta mengirimkan dua perwakilan untuk mengikuti pelatihan naskah pidato pimpinan tersebut.

Kemudian, Biro Adpim Provinsi Kalsel menghadirkan nara sumber, yakni Kasubbag Materi Rapat Bagian Penyiapan Materi Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Jenderal Kemendagri Wildan Fathurrahman.

Kemudian, Pengelola Data Bagian Penyiapan Materi Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Jenderal Kemendagri Isyraqi Aufar Suseno, dan Pejabat Utama Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Kalsel.

Baca juga: Presiden Jokowi beri penghargaan pertanian bagi Gubernur Kalsel
 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024