Terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menyebabkan lahan milik warga di wilayah Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan seluas tiga hektare  terbakar.

“Berdasarkan data dari anggota di lapangan, lahan milik warga yang terbakar seluas lebih dari tiga hektare dan yang dapat dipadamkan sementara hanya 0,5 hektare dari keseluruhan lahan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H Rahmi di Paringin, Selasa.

Baca juga: 18,7 hektare lahan terbakar di HSS

Rahmi menuturkan saat ini diperkirakan api masih menyala di bawah permukaan tanah, yang mana lokasi lahan yang terbakar adalah lahan gambut dan perkebunan sawit milik warga.

Kalak BPBD Balangan menyebutkan, untuk pemadaman api di lapangan dilakukan dengan cara melalui Heli Water Bombing dan mesin portabel.

Kemudian Rahmi mengimbau kepada masyarakat sekitar agar lebih waspada dan berhati-hati dengan Karhutla yang terjadi saat ini, agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Kepada masyarakat agar lebih hati-hati dan menjaga jarak dengan karhutla, serta kepada para petugas juga tetap memenuhi prosedur dalam bekerja,” ujar Rahmi.

Baca juga: PUPR Kalsel basahi lahan guna cegah karhutla dekat Bandara Syamsudin Noor

Adapun untuk titik koordinat karhutla adalah Bujur: 115°22'42 dan Lintang: 2°23'26"'S.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024