Staf Ahli (Sahli) Menkumham Ibnu Chuldun mengingatkan pelayanan yang profesional dan penuh integritas adalah fondasi penting untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

"Layanan terbaik ini harus pula diiringi inovasi yang perlu terus dikembangkan," kata dia saat mengunjungi Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan di Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (17/10).

Baca juga: Pemkab Banjar-Kemenkumham Kalsel sepakat berikan layanan terbaik

Dia mengingatkan selain meningkatkan pelayanan, Lapas Karang Intan juga telah menunjukkan komitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan mendukung kenyamanan bagi keluarga yang berkunjung.

Ibnu juga meninjau pos jaga utama dan berdialog dengan petugas pos jaga terkait keamanan dan pengawasan di area Lapas. 

Selain itu, rombongan melakukan pengecekan pada bagian registrasi, KPLP (Kepala Pengamanan Lapas), dan bagian keamanan serta ketertiban untuk memastikan kapasitas warga binaan sesuai dengan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). 

“Sinkronisasi data yang baik antara lapangan dan sistem sangat penting agar manajemen kamar berjalan optimal,” tambahnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Jumadi turut menegaskan pentingnya peningkatan layanan dan pengawasan di Lapas Narkotika Karang Intan. 

"Lapas ini tidak hanya berfokus pada pembinaan, tetapi juga memastikan pelayanan publik berjalan sesuai standar Zona Integritas menuju WBK," jelas Jumadi.

Kunjungan ini diakhiri dengan pengecekan fasilitas dapur higienis dan Satuan Amatir Eksklusif (SAE) Laskarin yang mendapatkan apresiasi khusus dari Ibnu Chuldun. 

Baca juga: Imigrasi Batulicin perkuat pengawasan orang asing melalui "Jagratara"

Ia menekankan pentingnya menjaga kebersihan dan higienitas sebagai bagian dari peningkatan kesejahteraan warga binaan.
Staf Ahli (Sahli) Menkumham Ibnu Chuldun saat mengunjungi Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan di Martapura, Kalimantan Selatan, Kamis (17/10). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024