Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyiapkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) pengembangan kawasan perkotaan di Kecamatan Tanta  untuk mengoptimalkan potensi l dan menciptakan kawasan perkotaan yang tertata, teratur, serta berkelanjutan.

Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah mengatakan kawasan perkotaan Tanta memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dan sosial bagi "Bumi Saraba Kawa'" ini.

Baca juga: Bank Kalsel syariah dukung pengembangan perumahan

"Perlu perencanaan tata ruang yang matang untuk dapat mengoptimalkan potensi di Kecamatan Tanta sebagai kawasan perkotaan," jelas Hamida dalam acara FGD ke-2 di Hotel Jelita Tanjung, Kamis.

Hamida menambahkan kegiatan FGD ini  wujud  komitmen  bersama untuk menghasilkan RDTR yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan masyarakat namun  selaras dengan visi pembangunan jangka panjang Kabupaten Tabalong.

Karena itu  peserta diharapkan bisa  berpartisipasi aktif memberikan masukan  yang konstruktif serta berdiskusi dengan penuh semangat dan keterbukaan.

FGD ke-2 terkait pembahasan peraturan zonasi, indikasi, program dan  analisis kebijakan rencana program terhadap lingkungan juga dihadiri perwakilan Kementerian ATR/BPN
Abi Syarwan.

Pelaksana tugas Kepala Sudirektorat PDTR Kawasan Ekonomi II Kementerian ATR/BPN  Sri Damar Agustina juga memberikan arahan secara virtual di hadapan peserta FGD, Pj Bupati Tabalong, Kepala Dinas PUPR Tabalong Wibawa Agung Subrata DNA Ketua DPRD Tabalong Reza Fahlevi.

Sri menyebutkan penyusunan  RDTR diharapkan   mampu mengakomodir kebutuhan perkembangan di masa depan baik dari segi ekonomi, sosial maupun lingkungan.

Selain itu  pengembangan kawasan perkotaan di Kabupaten Tabalong dapat  sejalan dengan potensi lokal dan tuntutan pembangunan nasional.

Baca juga: DPRD Dukung Pengembangan Rumah Murah

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024