Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan (DLH Kalsel) meluncurkan inovasi One Landscape yang menjadi terbaik kategori Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) pada ajang Kalsel Innovation Award (KIA) 2024.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Provinsi Kalsel Adi Santoso menyerahkan penghargaan kepada Kepala DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana di Gedung DR. KH. Idham Chalid Kantor Gubernur, Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: DPRD Kalsel apresiasi penganugerahan KIA IE 2024

KIA 2024 merupakan gelaran ketiga kali yang digelar Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Kalimantan Selatan, untuk menghadirkan inovasi baru di Provinsi Kalsel.

Adi mewakili Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, menuturkan KIA sebagai salah satu upaya bersama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi daerah yang untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Ini menjadi langkah baru dalam mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan serta untuk meningkatkan kinerja yang profesional,” ucap Adi.

Kepala Bidang Inovasi BRIDA Kalsel Murwany Viviane Antang sangat bersyukur dapat menyelenggarakan KAI selama tiga tahun berturut-turut dengan menghadirkan  peserta dari kabupaten/kota hingga SKPD di lingkup Pemprov Kalsel.

“Dari OPD zonasi Pemprov, OPD zonasi kabupaten/kota dan dari masyarakat yang dapat membawa manfaat yang besar untuk membangun kehidupan masyarakat Kalsel agar terus berkembang dan maju seperti negara di luar sana,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Provinsi Kalsel Hanifah Dwi Nirwana mengapresiasi penghargaan yang diberikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor melalui BRIDA Kalsel.

Hanifah menjelaskan One Landscape merupakan inovasi layanan kepada kabupaten kota dan masyarakat terkait hal perizinan, menyusun kajian lingkungan hidup strategis untuk kabupaten kota, dengan dilengkapi peta, data yang bisa diakses secara luas.

Baca juga: Kalsel Innovation Award 2024 pacu ciptakan inovasi baru

“Selain itu, kami juga memberikan kutipan bagaimana kabupaten kota itu juga berbagi data yang sama, kita harapkan informasi mengenai pembangunan lingkungan hidup bisa diakses dengan mudah, dan kami bisa memberikan pelayanan yang luas kepada masyarakat,” tutur Hanifah

Sebanyak 60 peserta mengikuti ajang KIA 2024 terbagi tiga kategori penghargaan, yaitu SKPD Provinsi Kalimantan Selatan, SKPD kota/kabupaten, dan mMasyarakat umum.

Kategori SKPD Provinsi Kalimantan Selatan diraih Dinas Lingkungan Hidup dengan Inovasi One Landscape Kalimantan Selatan (juara 1), Biro Pengadaan Barang dan Jasa dengan Inovasi Sistem Informasi Pemantauan dan Evaluasi PBJ atau Simantev (juara dua), dan Dinas Kehutanan dengan Inovasi Tropical Rain Forest Education atau Trainforeste (juara tiga).

Kategori SKPD kabupaten/kota diraih Rumah Sakit Umum Daerah Hadji Boejasin Kabupaten Tanah Laut dengan Aplikasi Bisa (Boejasin Information System And Application) sebagai juara satu, Kota Banjarmasin, Inovasi  Dikayuh Baimbai sebagai upaya penanganan kumuh dengan digitalisasi dan kolaborasi (juara dua), dan Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan melalui Inovasi Si-Open HSS (juara tiga).

Kategori masyarakat umum diraih Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui inovasi "Juragan Sayur dan Buah" (juara satu), Kabupaten Hulu Sungai Utara Inovasi "Klik Kompos" (juara dua), dan Kabupaten Hulu Sungai Utara "Inovasi Alarm Banjir" (juara tiga).

Baca juga: Pemprov Kalsel gelar kompetisi Inovasi Award 2024

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024