Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H Mustohir Arifin mengapresiasi penganugrahan "Kalsel Innovation Award (KIA) Innovation Ecosystem (IE) 2024 dan  lomba karya tulis ilmiah.

Memprakarsai penganugrahan KIA IE 2024 itu Badan Riset dan Inovasi Daerah Kalimantan Selatan (Brida Kalsel) dan pembukaan oleh Gubernur setempat, H Sahbirin Noor di Aula H. Idam Chalid, Komplek Perkantoran Gubernur di Banjarbaru, Kamis.

Baca juga: LAPSUS - Wali Kota Banjarmasin terima anugerah Bintang LVRI saat Rapat Paripurna

Menurut wakil rakyat dari Partai NasDem asal daerah pemilihan Kalsel I/Kota Banjarmasin yang akrab dengan sapaan Haji Imus itu  penganugrahan KIA IE tersebut akan mendorong atau memotivasi kepada para inovator untuk melakukan inovasi dan membuat karya ilmiah.

Selain itu, sebagai sarana untuk melihat kecerdasan anak-anak "Banua" yang tertuang dalam sebuah karya tulis dan sekaligus menjadi ajang meningkatkan kemampuan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menginovasi pelayanan kepada masyarakat agar menjadi lebih mudah dan dapat memanfaatkannya. 

“Kami Dewan Provinsi sangat mengapresiasi kegiatan ini. Melihat kecerdasan anak-anak Banua (daerah Kalsel) kita untuk menginovasi mempermudah fasilitas dan layanan kepada masyarakat," tutur H. Imus.

Ia berharap, kegiatan tersebut mampu menginpirasi dan melahirkan inovasi-inovasi lain yang bermanfaat bagi masyarakat di seluruh wilayah Kalsel.

Baca juga: Kasat Narkoba terima anugerah Kak Seto Award 2024

“Mudah-mudahan ini sangat bermanfaat sekali untuk masyarakat dan bisa dirasakan langsung untuk daerah-daerah yang memang membutuhkan untuk inovasi dari SKPD setempat," demikian Haji Imus.

Anggota DPRD Kalsel H Mustohir Arifin saat menghadiri Penganugrahan KIA IE 2024 dan Lomba Karya Tulis ilmiah di Banjarbaru, Kamis (3/10/2024) (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Sebelumnya, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor yang akrab dengan sapaan Paman Birin melalui Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemprov setempat, Adi Santoso menyatakan, penganugerahan tersebut  wujud penguatan komitmen dan langkah konkrit untuk selalu menghadirkan inovasi-inovasi baru yang membawa perubahan positif buat mendorong kemajuan dan berkelanjutan bagi Kalsel.

"Kegiatan ini salah satu upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas inovasi daerah untuk membangun kehidupan masyarakat yang lebih baik. Menjadi langkah baru dalam mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan," ujar Paman Birin.

Gubernur Kalsel dua periode itu juga mengingatkan Brida provinsi setempat agar memberikan catatan dan peringatan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang tidak mengirimkan SKPD untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Pemenang lomba tingkat SKPD jajaran  Pemprov Kalsel peringkat pertama Dinas Lingkungan Hidup yang mengusung inovasi "One Landscape Kalimantan Selatan". Sedangkan untuk SKPD Pemkab/Pemkot peringkat pertama Kabupaten Tanah Laut mengusung "Aplikasi BISA (Boejasin Information System and Application). 

Untuk masyarakat umum peringkat pertama Juragan Buah dan Sayur dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sementara lomba karya tulis ilmiah juara pertama Nur Azizah Rahman dengan judul "Pengembangan MOQU (sistem monitoring kualitas air dengan aplikasi blink dan telegram).

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024