Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) Aulia Oktafiandi mengatakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) yang dilaksanakan setiap tahun merupakan momentum meningkatkan kecintaan generasi anak muda terhadap agama dan Al Quran.

“MTQ yang rutin kita laksanakan setiap tahun juga sebagai wadah untuk mencetak dan mempersiapkan Qori dan Qoriah terbaik di Hulu Sungai Tegah,” ujarnya di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Bupati HST komitmen bangun ruang terbuka hijau bagi masyarakat

Dia mengajak para orang tua dan seluruh masyarakat agar mendidik anak-anaknya untuk lebih mencintai Al Quran, sebab Al Quran merupakan tuntunan dan pedoman yang baik bagi kehidupan selaku umat muslim.

“Kabupaten HST telah melaksanakan MTQ yang ke-44 pada tahun ini. Kegiatan MTQ berjalan sukses dengan semangat yang kuat untuk menerapkan nilai-nilai Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Melalui pelaksanaan MTQ setiap tahun, Aulia berharap dapat semakin meningkatkan kecintaan generasi muda khususnya, serta masyarakat pada umumnya untuk mencintai Al Quran.

Selain itu, kata dia, MTQ juga sebagai ajang menjalin persaudaraan yang berdedikasi luhur dan mencerminkan budaya bangsa, dan semoga Qari dan Qariah dapat mempersembahkan kemampuan terbaiknya masing-masing.

Baca juga: Pemkab HST bantu 472 pedagang mikro tingkatkan kualitas usaha

“Mari kita seluruh umat Islam di HST untuk terus memberikan partisipasi, dukungan, dan peran aktif dalam berbagai kegiatan bagi terciptanya kesemarakan nuansa Islam dalam kehidupan bermasyarakat,” tutur Bupati HST.

Ketua Pelaksana MTQ HST ke-44, Camat Batang Alai Utara Budi Haryanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, yang turut berpartisipasi sehingga acara MTQ ke-44 terlaksana dengan baik.

Dia menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan MTQ beberapa hari lalu diikuti sebanyak 310 orang kafilah dengan ofisial kurang lebih 100 orang.

“Cabang yang dilombakan ada delapan cabang, terdiri dari 20 golongan lomba,lokasi lomba berada di tujuh titik di wilayah Kecamatan Batang Alai Utara,” ujar Budi.

Baca juga: Atlet HST ikut torehkan perunggu arung jeram untuk Kalsel pada PON XXI

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024