Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan,  terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul menuju Indonesia emas 2045 dengan menggelar lomba pidato kepada pelajar tingkat SMA menggelar lomba pidato tingkat SMA sederajat.

Kepala Badan Kesbangpol Tanah Bumbu Nahrul Fajeri, di Batulicin Rabu mengatakan, salah satu upaya pemerintah daerah untuk dalam menyiapkan SDM unggul adalah dengan membina generasi muda melalui kegiatan kegiatan yang positif.

Baca juga: Kesbangpol Tanah Bumbu edukasi pelajar soal politik

"Pelajar merupakan generasi muda sebagai sumber daya manusia penerus cita-cita perjuangan bangsa dalam pembangunan nasional, kalau tidak dipersiapkan sejak saat ini lalu kapan lagi," kata Nahrul.

Dia mengharapkan, generasi muda saat ini harus menjadi manusia berkualitas, memimpin serta memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dalam wadah kesatuan Republik Indonesia dan Undang- Undang Dasar 1945.

Selain itu, ucap Nahrul, para peserta lomba juga di harapkan dapat memahami dan mendalami materi yang mereka sampaikan yakni Indonesia Emas 2045 sehingga mereka siap dan mampu bersaing di era digitalisasi.

Sementara itu, sebanyak 22 peserta mengikuti lomba pidato tingkat pelajar. Mereka merupakan perwakilan dari 11 sekolah SMA/sederajat se-Tanah Bumbu. 

"Peserta lomba kami wajibkan  menggunakan pakaian adat daerah yang ada di Indonesia," terangnya. 

Baca juga: Bakesbangpol Tanah Bumbu perkuat kerukunan melalui "door to door"

Para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan dari Pemkab Tanbu melalui Bakesbangpol. Untuk Juara satu sebesar Rp3 juta, juara dua Rp1,5 juta, juara tiga Rp1 juta, juara harapan satu Rp750 ribu, juara harapan dua Rp500 ribu, dan juara harapan tiga Rp250 ribu.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024