Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapin Masrupah memastikan layanan pos pelayanan terpadu (Posyandu) berjalan dengan optimal  bagi seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi ibu dan anak.

“Beberapa waktu lalu kami menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakornas) Posyandu 2024. Kami memperkuat koordinasi antar lembaga untuk meningkatkan efektivitas program posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan khususnya di tingkat desa,” kata dia di Rantau, Tapin, Rabu.

Baca juga: Tapin tingkatkan kompetensi ASN kelola aplikasi SRIKANDI

Masrupah menjelaskan kehadiran PKK Tapin pada rakornas itu, mendapatkan banyak strategi dalam memberikan pelayanan terbaik, seperti strategi pengembangan dan penerapan posyandu yang lebih efektif, aspek program posyandu, serta solusi atas tantangan yang dihadapi.

“Topik utama dalam rakornas ini meliputi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan anak, pengelolaan data kesehatan yang lebih akurat, serta peran aktif masyarakat dalam mendukung keberhasilan posyandu,” ucapnya.

Baca juga: Pj Bupati Tapin raih juara pertama kejuaraan tenis se-kabupaten

Oleh karena itu, kata Masrupah, dalam menjalankan program posyandu, pentingnya kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan lembaga terkait untuk memastikan bahwa layanan posyandu dapat dioptimalkan dalam mendukung kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tapin Alfian Yusuf meminta kepada jajarannya agar hasil dari rakornas ini dapat diimplementasikan secara efektif di Kabupaten Tapin untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan kesehatan.

"Kiranya hasil rakornas tersebut dapat memberikan dorongan bagi seluruh peserta untuk lebih aktif dalam menjalankan program posyandu dan menciptakan sinergi yang kuat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” ujar Alfian.

Baca juga: Diskominfo HSS terima Diskominfo Tapin

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024