Universitas Lambung Mangkurat (ULM) memberikan apresiasi kepada lulusan berprestasi dengan potongan uang kuliah tunggal (UKT) ketika melanjutkan studi lanjut ke Program Pascasarjana.

"Apresiasi diskon UKT ini bagi lulusan dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) di atas 3,00," kata Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Selasa.

Baca juga: ULM identifikasi potensi desa sekitar lahan mangrove Kotabaru

Khusus bagi lulusan dengan raihan predikat cumlaude yakni IPK 3,50 ke atas maka dibebaskan UKT selama dua semester pertama dan keringanan pembayaran pada semester berikutnya hingga lulus.

Alim menyatakan program khusus diskon UKT itu untuk membantu alumni sarjana yang ingin melanjutkan studi ke jenjang pendidikan lebih tinggi baik gelar magister (S2) maupun doktor (S3).

"Kami berharap lulusan ULM tidak hanya berhenti di sarjana namun bisa terus termotivasi melanjutkan studi untuk meraih gelar lebih tinggi demi masa depan lebih cemerlang," ucapnya.

Apalagi keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, menurut dia menuntut peningkatan kualitas sumber daya berpendidikan tinggi di pulau Kalimantan agar bisa bersaing memperebutkan posisi-posisi strategis di pemerintahan pusat kedepannya.

"ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar dan terbaik di pulau Kalimantan tentu punya tanggung jawab mencetak SDM terbaik mengisi pembangunan di IKN Nusantara," tegasnya.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri saat Wisuda ULM ke-120 tahun 2024. (ANTARA/Firman)

 

Bahkan di tahun 2024 ini saja, ULM telah melaksanakan lima kali wisuda dengan ribuan sarjana diluluskan termasuk Program Diploma dan Pascasarjana.

Seperti pada Wisuda ULM ke-120 tahun 2024, ULM mengukuhkan sebanyak 1.300 wisudawan, terdiri dari Program Diploma tujuh orang, Program Sarjana 1.087 orang, Program Pendidikan Profesi 75 orang, Program Magister 117 orang, dan Program Spesialis 10 orang, serta Program Doktor empat orang.

Baca juga: ULM cetak 2.254 dokter bantu pemenuhan dokter di Kalimantan

Adapun 14 wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas ULM yakni Putri Safrina, A.Md., Pjk., lulusan Program Studi D3 Perpajakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,7.

Siti Radiati Salma, S.Pd., lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,97.

Meydika Intan Wulandari, S.H., lulusan Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum dengan IPK 3.74.

Arifia Firli Noorridha, S.M., lulusan Program Studi Ekonomi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan IPK 3,86.

Nurul Ain, S.I.Kom., lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan IPK 3,88.

Hilda Hamidah Fillah, S.P., lulusan Program Studi Agronomi Fakultas Pertanian dengan IPK 3,86.

Khadijah, S.Hut., lulusan Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan dengan IPK 3,78.

Putri Inayah, S.Pi., lulusan Program Studi Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan dengan IPK 3,97.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri bersama wisudawan terbaik saat Wisuda ULM ke-120 tahun 2024. (ANTARA/Firman)

 

Erma Anggriani, S.T., lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik dengan IPK 3,91.

Nurul Salsabila Yasmina, S.K.M., lulusan Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dengan IPK 3,76.

Arya Syifa Hermiati, S.Kom., lulusan Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan IPK 3,93.

Nazma Laita, lulusan Pendidikan Profesi Dokter Program Profesi dengan IPK 3,67.

Baca juga: Rektor ULM suntik semangat mahasiswa baru dulang prestasi dunia

Yohelio Priawan Sibu, Sp., lulusan Program Studi Spesialis Ilmu Bedah dengan IPK 3,67.

Puteri Cahyaningsih, M.Ling, lulusan Program Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan IPK 4,00.

Ratni Nurwidayati, lulusan Program Doktor Ilmu Pertanian dengan IPK 4,00.

Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri saat Wisuda ULM ke-120 tahun 2024. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024