Wali Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan Muhammad Aditya Mufti Ariffin menerima dua penghargaan nasional atas keberhasilan layanan kesehatan dan upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
 
Keterangan tertulis Dinas Kominfo Banjarbaru, Jumat, penghargaan pertama diterima wali kota langsung dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin atas pelayanan Universal Health Coverage (UHC).
 
Penghargaan nasional diterima wali kota di Jakarta, Kamis (8/8) menjadi bukti kepemimpinannya mendorong jajaran pemerintah kota terutama dinas kesehatan dan dinas terkait lainnya memenuhi layanan UHC.
 
Diketahui, Pemkot Banjarbaru menyediakan sistem penjaminan kesehatan untuk masyarakat dengan akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan preventif, rehabilitatif dan bermutu dengan biaya terjangkau.
 
"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi bukti kinerja jajaran Pemkot Banjarbaru dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan terjangkau, berkualitas dan merata bagi seluruh masyarakat," ujarnya.
 
Aditya menuturkan, keberhasilan pelayanan berbuah penghargaan itu juga sebagai wujud dukungan atas program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diberlakukan pemerintah kepada masyarakat.
 
Sementara, penghargaan kedua yang diterima Aditya berasal dari lembaga perguruan tinggi yakni pemberian anugerah dari Universitas Indonesia melalui ajang UI Green City Metric 2024 di Kampus UI Depok.
 
Aditya dinilai sukses membawa Kota Banjarbaru menindaklanjuti isu-isu di daerah, mewujudkan program dan arah kebijakan di berbagai bidang sehingga berbuah penghargaan kota paling berkelanjutan ke-7 di Indonesia.
 
"Kami bersyukur sekaligus bangga atas penilaian Universitas Indonesia sehingga ditetapkan sebagai kota yang paling berkelanjutan ke-7 di Indonesia dan tentu harus dijaga serta dipelihara bersama," ucapnya.
 
Dikatakan wali kota, penghargaan yang diraih dipersembahkan untuk seluruh masyarakat Kota Idaman dan berharap Banjarbaru yang sudah berstatus Ibu Kota Kalsel bisa makin dikenal sebagai daerah berkembang.
 
"Saya persembahkan penghargaan baik yang diterima sekarang maupun semua penghargaan lainnya yang bisa diraih berkat kerja sama dan dukungan seluruh pihak sehingga dipercaya menerimanya," kata dia.
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024