Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor meminta pameran perumahan bertajuk "REI Expo 2024" dapat memenuhi hunian terjangkau bagi masyarakat.
 
"Pameran ini tentunya menjadi wadah pertemuan yang strategis membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah dengan mudah dan murah," ujar Sahbirin saat membuka Real Estate Indonesia (REI) Expo 2024 di Banjarmasin, Rabu.

Baca juga: Bank Kalsel dukung REI sediakan rumah murah berkualitas di Kalsel
 
Sahbirin menuturkan perumahan diikuti lebih dari 40 pengembangan perusahaan yang digelar pada 24-28 Juli 2024 tersebut semakin membuka peluang untuk kemajuan perumahan di Kalsel.
 
Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin itu mengatakan kegiatan pameran ini sangat mendukung pembangunan ekonomi di Kalsel pada sektor properti.
 
"Industri properti seperti real estate dan konstruksi bangunan berkontribusi besar terhadap pendapatan pemerintah pusat dan daerah, termasuk penyediaan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja," ujarnya.
 
Menurut Sahbirin, kebutuhan rumah di Indonesia diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 700-800 unit per tahun berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dari Perumahan Rakyat RI.
 
Dikatakan dia, angka tersebut akan terus meningkat, termasuk di Provinsi Kalsel seiring dengan lonjakan penduduk menuju Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Bank Kalsel-DPD REI wujudkan kepemilikan rumah bagi ASN
 
"Hal tersebut menjadi peluang sekaligus tantangan bagi pengembang perumahan dan pemerintah, bagaimana menyediakan hunian yang berkualitas, namun sesuai dengan daya beli masyarakat di kelasnya," ucapnya.
 
Apalagi saat ini, kata Gubernur, generasi milenial dan Gen Z menjadi pangsa pasar perumahan yang menjanjikan, sehingga komposisi masyarakat Indonesia didominasi generasi muda, namun kemampuan membeli rumah masih terbatas. 
 
"Kondisi tersebut perlu kita siasati secara kreatif, dengan program pembiayaan rumah yang menarik dan terjangkau, namun konsep hunian sesuai dengan karakteristik milenial yang modern dan estetik. Tentu kita perlu menguatkan kerja sama dengan mitra perbankan, guna menyediakan inovasi akses pembiayaan," ungkap Sahbirin.
 
Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyampaikan Kota Banjarmasin hanya mendapatkan kuota sebanyak 1.500 unit dari perusahaan properti pada 2024.
 
"Kami mengapresiasi REI Expo karena jadi pameran yang ditunggu masyarakat Kalimantan Selatan terutama Kota Banjarmasin," ucapnya.

Baca juga: Kalsel siapkan rumah layak huni bersubsidi bagi pegawai

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024