Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng puluhan perusahaan menggelar Bursa Kerja 2024 untuk membuka kesempatan kepada pencari kerja mendapatkan pekerjaan.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalsel Irfan Sayuti di Banjarmasin, Rabu, menyebutkan bursa kerja dijadwalkan berlangsung pada 25-27 Juni 2024 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.

Baca juga: SMKN 1 Batumandi gelar job fair ciptakan lulusan siap kerja
 
"Puluhan perusahaan sudah menyampaikan komitmen untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini," ujarnya.
 
Menurut dia, perusahaan yang berpartisipasi dari berbagai sektor, di mana semua membuka bursa kerja bagi masyarakat.
 
"Kami undang para pencari kerja untuk mengadu nasib di kegiatan ini," ujar Irfan.
 
Dia mengutarakan kegiatan ini dilaksanakan Pemprov Kalsel untuk menekan angka pengangguran. Di mana berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kalsel sebesar 4,31 persen.
 
Setidaknya dalam kegiatan ini, kata Irfan, kurang lebih sebanyak 1.000 lapangan pekerjaan dalam hingga luar negeri yang telah disiapkan perusahaan untuk penduduk yang sudah berusia kerja.
 
"Melalui bursa kerja ini, masyarakat bisa langsung datang untuk melihat langsung perusahaan-perusahaan yang menjadi fasilitator dari berbagai sektor yang ada di Kalimantan Selatan," terangnya.

Baca juga: Disnakertrans Proaktif TKI
 
Ditambahkan Kabid Pembinaan Pelatihan Penempatan Produktivitas Tenaga Kerja (P4TK) Disnakertrans Kalsel, Indah Fajarwati, untuk tahun ini juga disediakan lowongan pekerjaan untuk para penyandang disabilitas.
 
"Karena sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016, perusahaan swasta wajib mempekerjakan paling sedikit 1 persen penyandang disabilitas dari jumlah pegawai atau pekerja yang ada," tuturnya.
 
Untuk itu, Indah mengajak para pencari kerja yang ingin mengikuti pelaksanaan Job Fair 2024 bisa langsung mendaftar di laman situs https://docs.google.com/forms/d/e.
 
Selain itu, pihaknya juga membuka Bazar UMKM, pagelaran seni budaya serta pagelaran musik yang memeriahkan pelaksanaan Job Fair 2024 selama kegiatan berlangsung.
 
"UMKM yang nantinya dipamerkan merupakan kerjasama dengan SKPD lain juga ada beberapa UMKM hasil dari pelatihan yang telah kami laksanakan sebelumnya," demikian katanya.

Baca juga: 50 Perusahaan Di Kalsel Buka Peluang Kerja

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024