Ketua Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Selatan (KPU Kalsel) Andi Tenri Sompa mengatakan maskot "Sibotan" menjadi semangat menyongsong Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalsel 2024 yang berbudaya.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk membangkitkan semangat berbudaya Indonesia yang cinta damai dan penuh kebijaksanaan," kata dia di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: KPU Kalsel: Pengurangan TPS pada Pilkada pertimbangkan geografis

Maskot Sibotan yang dikenalkan KPU Kalsel saat peluncuran Pilgub Kalsel 2024 di Lapangan dr Murjani Banjarbaru mempunyai filosofi diambil dari singkatan berbudaya, kolaboratif, loyal dan harmonis.

Tenri menyebut Sibotan atau dalam nama lain Bocah Bekantan merupakan karakter bekantan yang memakai laung (penutup kepala khas Banjar) serta pakaian bermotif kain sasirangan.

Bekantan merupakan primata endemik terancam punah yang merupakan maskot fauna Kalimantan Selatan.

Baca juga: KPU Balangan datangkan Andika Kangen Band ramaikan peluncuran Pilkada 2024

Sehingga menjadikan bekantan maskot Pilgub Kalsel menjadi bagian dari upaya KPU Kalsel mengenalkan kepada generasi muda sosok satwa dilindungi itu sekaligus mengajak pemilih pemula untuk aktif memberikan hak suaranya di hari pencoblosan nanti.

Adapun jingle Pilkada Kalimantan Selatan 2024 "Ayo Memilih" juga turut diluncurkan menyiratkan pentingnya pemilihan dan peran masyarakat sangat diharapkan dalam menggunakan hak suaranya.

"Hajatan pilkada serentak harus berjalan sukses baik proses maupun partisipasi, sebagaimana yang telah dicapai masyarakat Kalsel pada Pemilu 2024 lalu," ujar Tenri.

Baca juga: 6.048 PPS di Kalsel mulai bertugas laksanakan tahapan Pilkada 2024

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024