Pemerintah Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan mencanangkan pelaksanaan intervensi serentak cegah stunting 2024 melalui calon pengantin, ibu hamil dan balita.
 
Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Senin, menyampaikan beragam upaya yang selama ini telah dilakukan pemerintahan untuk menangani persoalan stunting sudah berada di koridor yang tepat.

Baca juga: 395 posyandu balita intervensi cegah stunting di Banjarmasin
 
"Kita ingin memastikan bahwa proses pengukuran untuk anak-anak yang balita itu semua harus terukur dengan baik, terutama di posyandu-posyandu yang ada," katanya.
 
Terkait dengan intervensi terhadap calon pengantin, papar dia, ini penting diintervensi terutama pada pemeriksaan kesehatan.
 
Untuk itu, Ibnu Sina menekankan harus ada kesadaran penuh dari para calon pengantin untuk memastikan kesehatan diri sebelum memasuki jenjang pernikahan.
 
Tak hanya itu, saat ini calon pengantin juga diminta untuk mendatakan dirinya terlebih dulu dalam elektronik siap nikah dan hamil atau pada aplikasi "Elsimil". 
 
"Pastikan tiga bulan sebelum akad nikah itu datang ke posyandu untuk mendapatkan pelayanan (termasuk puskesmas), yang wanita minum tablet tambah darah juga pemeriksaan lainnya agar ketika sudah menikah, maka siap untuk hamil," jelas dia.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin giatkan rembuk stunting 2024
 
"Sehingga kemudian ibunya dalam keadaan sehat bapaknya pun dalam keadaan sehat," tambahnya.
 
Aplikasi"Elsimil" ini, ujar Ibnu Sina, sebagai salah satu syarat dan memudahkan pasangan yang ingin segera menikah. 
 
"Memastikan pasangan yang akan menikah, calon pengantin ini betul-betul dalam kondisi sehat sehingga nanti bayi yang dihasilkan, anak yang dihasilkan dalam kondisi yang sehat, terbebas dari stunting atau tumbuh tidak normal," kata Ibnu Sina.
 
Dia pun berjanji pada akhir pelaksanaan intervensi serentak yang telah berlangsung sejak 3 Juni 2024, maka akan ada penghargaan bagi kecamatan yang sasaran posyandu bekerja aktif seratus persen dan akan menerima hadiah khusus pada puncak perayaan Hari Keluarga Nasional pada 29 Juni 2024.
 
Ibnu Sina pun pada hari ini didampingi Ketua TP PKK Banjarmasin Siti Wasilah meninjau sekaligus mencanangkan pelaksanaan intervensi serentak cegah stunting se-Kota Banjarmasin tahun 2024 bagi balita dan ibu hamil di Posyandu Cempaka I yang berlokasi di Jalan Belitung Darat Simpang Rahmat, RT18, Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat.

Baca juga: Banjarmasin perkuat tim pendampingan keluarga berisiko stunting

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024