Wakil Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Said Idrus Al Habsyi menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila yang diikuti ratusan peserta dari berbagai unsur dan kalangan masyarakat.
 
Upacara Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni itu dipimpin Dandim 1006/Banjar Letkol Kav Zulkifer Sembiring sebagai inspektur upacara di RTH Ratu Zalecha Martapura, Sabtu.

Baca juga: Paman Birin harapkan orang Banjar ikut bangun Sulsel
 
Selain Wakil Bupati Bajar, peserta upacara dari unsur Forkopimda, Sekdakab Banjar, staf ahli bupati dan asisten, pimpinan SKPD camat, dan ASN, personel TNI/Polri, ormas, Pramuka hingga siswa SMP dan SMA.
 
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI Yudian Wahyudi dalam amanat dibacakan inspektur upacara mengatakan, tema peringatan Hari Lahir Pancasila mengandung maksud sebagai pemersatu rakyat.
 
"Tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045 bertujuan menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa menyongsong 100 tahun Indonesia Emas," ucap Dandim.

Baca juga: ATR Ministry distributes land certificates to Banjar residents
 
Dandim menyebutkan, Indonesia sebagai bangsa yang majemuk bersyukur memiliki Pancasila yang nilai-nilainya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita pendiri negara.
 
Keberadaan Pancasila merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa dan di dalamnya terkandung nilai-nilai luhur, toleransi, dan gotong royong serta keberagaman dirajut identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.
 
"Pancasila mampu mempersatukan keberagaman sehingga Indonesia mampu berdiri kokoh dan tangguh hingga menjadi penuntun menuju gerbang kemajuan di era globalisasi teknologi dan informasi," ucapnya.
 
Dikatakan, seluruh komponen bangsa agar mengutamakan Pancasila menyongsong bonus demografi yang menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.
 
Usai upacara diserahkan simbolis bendera merah putih oleh unsur Forkopimda kepada perwakilan ormas dan kepemudaan disusul Wabup Banjar menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba desa se-Kabupaten Banjar.
 
Wabup menyerahkan hadiah kepada Juara I yakni Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan berhak memboyong piala bergilir Bupati dan mewakili Kabupaten Banjar pada lomba tingkat Provinsi Kalsel.

Baca juga: Pemkab Banjar Kalsel wujudkan pasar hewan di Desa Padang Panjang
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024