Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung pagelaran pesta siswa literasi digital yang berlangsung di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalsel Muhammadun di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan kegiatan itu diikuti para siswa tingkat SMA sederajat tersebut untuk mewujudkan generasi muda yang menguasai teknologi pada zaman serba digital.

Baca juga: DPRD minta Disdikbud larang sekolah gelar perpisahan di hotel

"Kolaborasi antar pihak sangatlah penting untuk mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang sangat baik ini," ujarnya.

Karena, lanjutnya, esensi kegiatan yang sekaligus sosialisasi dan pelatihan literasi digital ini mengarah pada produksi konten sosial media.

Tentunya, kata dia, semua dapat meningkatkan kecakapan dan partisipasi aktif generasi muda dalam mendukung transformasi dan inklusi digital.

"Literasi digital adalah langkah pertama untuk mempersiapkan generasi muda menguasai teknologi," ucapnya.

Muhammadun mengungkapkan kegiatan ini dapat secara langsung menggali pengetahuan dan mengembangkan wawasan para peserta didik terkait pemanfaatan teknologi digital yang kreatif dan produktif.

Baca juga: Pemprov Kalsel: SMA sederajat laksanakan pesantren Ramadhan

Untuk itu, lanjutnya, semua harus proaktif serta memanfaatkan kesempatan yang berharga dengan menyerap pengetahuan sebanyak-banyaknya.

"Marilah menggunakan media sosial dengan baik, sesuaikan berita dengan fakta di lapangan. Karena manusia yang hidup dari berita yang salah tidak bagus," tuturnya.

Dia pun berpesan kepada para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut untuk selalu berpikir positif, karena generasi muda nantinya yang akan memimpin Indonesia.

"Ayo semuanya ciptakan generasi emas yang cerdas dan selalu bijak menggunakan media sosial," ujar Muhammadun.

Baca juga: Raker dan workshop FPTKI Kalsel bahas strategi dan inovasi pengawasan PAUD

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024