Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menetapkan SMA, SMK dan SLB sederajat melaksanakan kegiatan pesantren Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024.
 
Ketetapan itu sesuai Surat Edaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Nomor: 100.3.4/0613/Disdikbud/2024 tentang Kegiatan Belajar Mengajar pada Bulan Suci Ramadhan.

Baca juga: Ratusan WBP Lapas Banjarbaru ikuti pesantren Ramadhan
 
Disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel Muhammadun di Banjarbaru, Jumat, kegiatan pesantren Ramadhan di sekolah di bawah naungan Pemprov Kalsel, yakni SMA, SMK dan SLB sederajat dimulai pada 18-23 Maret 2024.
 
"Dilaksanakan di sekolah masing-masing, bagi yang beragama Islam," ujarnya.
 
Menurut dia, dalam ketetapan itu diminta semua sekolah untuk melaksanakannya, karena sebagai upaya untuk mengisi pendidikan agama bagi siswa dan siswi di bulan nan suci tersebut.
 
"Intinya untuk menambah pengetahuan mereka tentang agama, dan berkegiatan ibadah di bulan suci Ramadhan," ujarnya.
 
Muhammadun menyampaikan Pemprov Kalsel juga menetapkan libur sekolah pada Bulan Ramadhan pada 12-15 Maret 2024 sebelum dilaksanakan pesantren Ramadhan.

Baca juga: SD-SMP Bajayau Lestari isi Ramadhan dengan pesantren online
 
Kemudian, kata dia, setelah kegiatan pesantren Ramadhan, siswa dan siswi melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar dari 25 Maret hingga 3 April 2024.
 
"Selama bulan Ramadhan kegiatan belajar mengajar hanya diperbolehkan 5 jam saja dari pukul 8 pagi hingga 12 siang dan diakhiri dengan salat zuhur berjamaah," kata Muhammadun.
 
Kemudian, kata dia, untuk libur menjelang Hari Raya Idul Fitri pada 4-9 April 2024 dan kembali masuk sekolah pada 16 April 2024.
 
Dia pun berharap selama kegiatan belajar mengajar di bulan Ramadhan, para siswa dapat tetap fokus melaksanakan kegiatan belajar walaupun sedang puasa.
 
"Mudah-mudahan semua berjalan lancar seraya peserta didik tetap bisa menjalankan ibadah puasa dan memaknai dengan baik bulan suci ini," ujarnya.

Baca juga: Serikat Pekerja ANTARA menggelar Pesantren Kilat Ramadhan kedelapan

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024