Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan Mukni AF mengimbau petani aren di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar untuk beralih dari bibit lokal mengganti bibit aren dengan komoditas bibit unggul.

"Para petani harus melakukan revitalisasi jenis tanaman agar kedepanya dapat berkembang lebih baik," kata Mukni Af di Kotabaru, Selasa.

Dia menjelaskan, para petani sudah saatnya beralih dari bibit aren lokal beralih kepada bibit aren unggul jenis genjah.

Menurutnya bibit jenis ini mampu mengoptimalkan hasil nira para petani di wilayahnya sehingga kebutuhan akan bahan baku dari gula merah dapat di maksimalkan.

"Sekarang bahan gula merah sudah susah di dapat, kalo pun ada pohonnya sudah mulai tua, saatnya petani beralih dengan sistem yang lain," ujarnya.

Kader Golkar ini juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengkajian terhadap tanaman ini di daerah Grogot agar mereka memiliki kiat dan harapan untuk menanam bibit jenis genjah.

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempelajari pasar, atau kebutuhan akan gula merah, apakah ada pengembangan dari hasil nira selain gula merah.

Mukni mengaku, sangat tertarik untuk melakukan perkebunan di wilayahnya untuk mengembangkan pertanian dan sebagai pemasok bahan maupun olahan dari nira jenis genjah.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024