DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menerima Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati HSS Tahun Anggaran 2023 dan menyampaikan beberapa perbaikan.

"Rekomendasi yang kita berikan ini akan menjadi bahan dalam penyusunan perencanaan, penyusunan anggaran, serta penyusunan peraturan daerah, peraturan kepala daerah, dan atau kebijakan strategis kepala daerah pada tahun berjalan dan tahun berikutnya," kata perwakilan DPRD HSS Husnan saat Rapat Paripurna Penyampaian Rekomendasi DPRD di Kandangan, Rabu.

Selain itu, DPRD HSS mengapresiasi Pemkab HSS telah menjalankan proses pembangunan daerah sesuai dengan arah dan kebijakan serta rencana pembangunan daerah di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati HSS periode 2018-2023.

Sinergi antara semua pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pembangunan daerah memberikan dampak yang positif terhadap implementasi pelaksanaan pembangunan.

Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata pencapaian target pembangunan daerah di HSS yang hampir mencapai target pembangunan daerah sesuai dengan RPJMD.

Baca juga: DPRD HSS rapat paripurna sampaikan rekomendasi terhadap LKPj Bupati

"Bahkan ada beberapa target capaian kita telah melampaui target RPJMD HSS,” ungkapnya.

Menurut dia, penjabaran visi dan misi dalam berbagai bentuk program pembangunan daerah di HSS telah berjalan sesuai dengan tuntunan RPJMD HSS.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari dukungan secara politis oleh legislator, dan dukungan tokoh masyarakat secara luas di Kabupaten HSS.

“DPRD turut mengapresiasi berbagai inovasi dan prestasi yang dicapai Kab HSS sepanjang 2023," ucapnya.

Antara lain Implementasi RB Tematik Terbaik, SAKIP prestasi A, nilai tertinggi kepatuhan pelayanan publik se-Kalsel, inovasi “Satu NIK” yang unggul pada Kalsel Innovation Award masuk 10 besar tingkat nasional pada Innovative Government Award.

Kemudian, Adipura kategori kota kecil, Kabupaten Layak Anak (KLA)  kategori Nindya, dan prestasi lain pada tingkat nasional maupun lokal.

Baca juga: Ketua DPRD HSS ingatkan pemudik utamakan keselamatan di jalan

Juga disampaikan beberapa rekomendasi DPRD HSS secara umum, antara lain urusan pekerjaan umum, DPRD memberikan rekomendasi agar Pemkab HSS melakukan evaluasi.

"Evaluasi agar dapat dilakukan secara komprehensif terhadap perangkat daerah di bidang pekerjaan umum, yang belum mampu mencapai target indikator kinerja," terangnya.

Selain itu, Pemkab HSS agar lebih memperhatikan penambahan infrastruktur yang belum terlaksana dan memprioritaskan pelaksanaan pembangunan jembatan baru yang tertunda, memperhatikan manfaat dan kegunaan.

Memperhatikan pula janji kepala daerah yang sudah disampaikan kepada masyarakat agar segera direalisasikan, seperti pembangunan atau rehab jalan dan pembangunan lainnya.

Di urusan pemuda olahraga dan pariwisata, DPRD memberikan rekomendasi agar Pemkab HSS menjadikan sektor pariwisata sebagai sektor andalan daerah.

Baca juga: DPRD HSS segera revisi Perda tentang Retribusi

"Untuk itu perlu diambil kebijakan dan langkah-langkah strategis, dalam menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi industri pariwisata, memancing investor untuk mau bergerak masuk," jelasnya.

Perlunya dukungan pengadaan sarana dan prasarana, perbaikan kinerja pada saat pembahasan perda, terlebih terkait retribusi dan pajak daerah.

DPRD HSS juga mengingatkan agar tidak terulang pembahasan perda yang tidak disertai lampiran, dan memberikan perhatian khusus terhadap pariwisata di Loksado yang berpotensi dapat meningkatkan PAD.

Terakhir, urusan lingkungan hidup, DPRD merekomendasikan perlu ditingkatkan sosialisasi kesehatan kemasyarakatan, tentang kantong plastik yang berdampak pada kesehatan dan kebersihan di lingkungan.

"Salah satu dampak buruk sampah plastik bagi lingkungan adalah munculnya zat kimia, yang dapat mencemari tanah sehingga berkurang tingkat manfaat dan kesuburannya," pungkasnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024