Ustadz Irwan dalam tausiah menjelang berbuka puasa bersama di kediaman mantan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan, bahwa orang yang paling mulia adalah orang yang paling bertaqwa.

"Hal tersebut sebagaimana Allah SWT nyatakan dalam Al Qur'an," tegas Ustadz Irwan saat menjelang berbuka puasa di kediaman mantan Wagub Kalsel HM Rosehan Noor Bahri - Komplek Alam Hijau -Jalan Keramat Banjarmasin, Kamis.

Sebelumnya Ustadz Irwan menceriterakan keluarga Rasulullah Muhammad Saw yaitu Fatimah bersama dua anaknya Hasan dan Husein yang menagih pakaian baru menjelang Idul Fitri.

"Namun dengan bijak putri Nabi, Fatimah bilang kepada anak-anaknya, bahwa masih di tukang jahit. Ucapan tersebut hanya untuk menghibur atau tidak mengecewakan Hasan - Husein," kutip Ustadz Irwan.

Kemudian, lanjut Ustadz muda tersebut, pada malam lebaran Hasan - Husein kembali bertanya/menagih "gasan" (untuk) baju lebaran, kan anak-anak kecil teman sebayanya sudah punya, dan Fatimah pun tetap bilang masih di tukang jahit. Padahal tidak memesan apa-apa karena kondisi ekonomi.

"Tiba menjelang Maghrib - malam lebaran datang seorang laki-laki mengantar baju gamis + surban + sepatu masing-masing dua pasang. Melihat itu Hasan - Husein pun gembira dan berterima kasih kepada ibunya," lanjut Ustadz Irwan mengutip ceritera keluarga Rasulullah Saw tersebut.

Pendek ceritera, Rasulullah datang ke rumah Fatimah dan bertanya siapa yang memberi keperluan Hasan - Husein? Fatimah pun tidak bisa menjawab.

"Itulah Malaikat Riduan yang Allah suruh memperhatikan keluarga Rasulullah. Tapi bukan karena keluarga Rasulullah, melainkan karena ketakwaannya," kata Rasulullah Saw sebagaimana Ustadz Irwan kutip.

Dari ceritera keluarga Nabi Muhammad Saw tersebut ada satu pembelajaran bahwa karena ketaqwaan membuat orang itu mulia di Allah SWT, demikian Ustadz Irwan.

Usai buka puasa bersama anggota Press Room DPRD Kalsel serta masyarakat dari berbagai komunitas, Rosehan yang terpilih kembali menjadi anggota Dewan provinsi tersebut pada Pemilu 2024 beserta istri (anggota DPR RI) membagi-bagi bingkisan lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Suasana menjelang berbuka puasa di kediaman HM Rosehan NB - Komplek Alam Hijau Jalan Keramat Banjarmasin, Kamis (4/4/2024) sore (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024