Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Sofyan menyatakan, *Lailatul Qadar " atau malam qadar merupakan bonus bagi Nabi Muhammad Saw beserta ummatnya.

 

Tuan Guru Ahmad Sofyan menyatakan itu  dalam percakapan dengan Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Masjid Noor - Pusat Kota Banjarmasin, sesudah Shalat Jumat.

 

Pernyataan Tuan Guru tersebut merupakan pengulangan isi khutbah dia di Masjid Noor yang jamaahnya melimpah ke jalan raya - Jalan Pangeran Samudera sehingga sementara orang Shalat Jumat lalu lintas kendaraan lewat Jalan Pasar Baru.

 

Pasalnya, ujar Tuan Guru A Sofyan, Nabi-Nabj terhulu berserta pengikutnya ada berusia ratusan tahun dan bahkan sampai seribu tahun lebih seperti Nabi Nuh alaihi salam 1.200 tshun. Sementara umur Rasulullah Muhammad Saw hanya lebih kurang 63 tahun.

 

"Namun bonus dari Allah buat Rasulullah Saw beserta ummatnya bukan dari umur atau usia, melainkan dari pahala dalam beramal," lanjut khatib yang berusia 72 tahun tersebut atau sudah mendapat bonus umur sekitar sepuluh tahun.

 

Ia menjelaskan, malam qadar (Lailatul Qadar) yang terjadi pada sepuluh hari terakhir Ramadhan lebih baik dari seribu bulan atau 83 tahun dalam melakukan amal ibadah.

 

Menurut dia,  ganjaran pahala pahala dengan 83 tahun merupakan bonus luar biasa, karena rata-rata umur lebih pendek atau tidak mencapai seperti bonus yang Allah janjikan

 

"Nilai pahala selama 83 tahun belum tentu sebanding dengan usia ratusan tahun. Itulah keuntungan bagi ummat Islam - pengikut Rasulullah Saw," tegas Tuan Guru Sofyan.

 

Oleh sebab itu, dia menyayangkan kaum Muslim yang tidak memanfaatkan Lailatul Qadar tersebut dengan memperbanyak amal ibadah.."Apalagi bulan Ramadhan Allah akan melipatgandakan pahala bagi yang melakukan amal ibadah," lanjutnya.

 

"Itulah keistimewaan Ramadhan sebagai sabda Rasulullah Saw;  bahwa Ramadhan itu bulan ummat ku artinya merupakan ladang perubahan bagi kaum Muslim bagi yang mengerti dan mau melakukan," tambah Tuan Guru Sofyan.

 

Sebelumnya Tuan Guru Sofyan menerangkan, bahwa Rajab adalah bulan Nya Allah, Sya'ban bulan ku dan Ramadhan bulan ummat ku sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

 

Sebab bulan Rajab, Allah mengundang Nabi Muhammad Saw untuk menerima perintah shalat wajib/fardu lima waktu dalam sehari semalam.

 

Begitu pula pada bulan Sya'ban,.Allah dan menyuruh Malaikat-Malaikat Nya bersalawat kepada Rasulullah Muhammad Saw.

 

"Rasulullah Saw sendiri bersabda. bahwa dengan bersalawat akan lebih memudahkan kehidupan orang tersebut," demikian Tuan Guru Haji Ahmad Sofyan


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024