Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, terus mempercepat pengembangan sumber daya manusia (SDM) di "Bumi Bersujud" yang unggul melalui musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

"Hal ini terus kami genjot guna menciptakan generasi penerus bangsa bermartabat dan berahlak mulia," kata Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar di Batulicin, Ahad.

Setiap dilaksanakan musrenbang di tingkat kecamatan, Bupati selalu menekankan semua pihak untuk memfokuskan pengembangan generasi muda menjadi generasi yang cerdas dan berkualitas.

Menurut dia, pondasi pembangunan untuk menjadikan daerah yang maju adalah terpenuhinya SDM yang unggul dan berintegritas.

Dicontohkan, negara di Asia seperti Korea dan Jepang berhasil menjadi negara maju karena negara itu sebelumnya telah merancang strategi pembangunan. Salah satunya adalah dengan menitik beratkan pengembangan SDM.

"Konsep seperti itu yang ingin kita adopsi untuk diterapkan di Kabupaten Tanah Bumbu," sebut Zairullah.

Untuk itu, setiap pembahasan musrenbang Bupati selalu mengajak semua pihak untuk lebih fokus dalam pengembangan generasi muda untuk menjadi generasi yang berkualitas.

Sementara itu, Camat Mantewe Irwan mengatakan tujuan Musrenbang yakni membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan desa yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan.

Membahas dan menyepakati program prioritas pembangunan di Kecamatan Mantewe yang belum tercakup dalam prioritas pembangunan desa.

Serta menyepakati pengelompokan prioritas pembangunan di wilayah Kecamatan Mantewe berdasarkan tugas dan fungsi Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

"Untuk peserta Musrenbang yakni seluruh desa se-Kecamatan Mantewe dan undangan lainnya," ujar Camat.

Pewarta: Diskominfo

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024