Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mulai tahun ini membangun jembatan Kumap di perbatasan Desa Burum dan Panaan, Kecamatan Bintang Ara yang ambruk dengan jembatan permanen.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Tabalong Sunengsi mengatakan jembatan yang dibangun  dibuat permanen dengan panjang 60 meter dan lebar tujuh meter.

Baca juga: Jembatan Kumap yang ambruk berusia 30 tahun

"Pembangunan jembatan permanen mulai kita lakukan tahun ini dan sebelumnya jembatan Kumap  ambruk pada tahun 2023," jelas Sunengsi di Tabalong, Selasa.

Sebelumnya jembatan Kumap  ambruk pada Agustus 2023  akibat dilintasi truk bermuatan kayu dan menyebabkan satu korban meninggal dunia.

Dengan pembangunan jembatan baru ini kata Sunengsi akan kembali membuka akses penyeberangan dari Desa Burum ke Desa Panaan yang sebelumnya harus menggunakan jalan  alternatif. 

Sejak jembatan ini ambruk untuk akses menuju Desa Panaan, Desa Hegar Manah dan Desa Dambung Raya warga harus melalui jalur  alternatif di Desa Meho.

Sehingga adanya jembatan baru tersebut, warga setempat kembali bisa menikmati jalur terdekat antar desa.

Baca juga: Jembatan penghubung Desa Panaan Tabalong ambruk

 Terlebih jalan alternatif yang digunakan warga bisa dikatakan cukup jauh dengan perbedaan jarak mencapai kurang lebih lima kilometer. 

Jembatan Kumap sendiri dibangun sekitar  tahun 1992 melalui program ABRI Masuk Desa dan usianya mencapai 30 tahun lebih.

 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024